ADVERTISEMENT

Investasi Apa yang Aman dari Inflasi Gila-gilaan?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 11 Jul 2022 08:06 WIB
woman hand showing envelope and Indonesia rupiah money
Investasi Apa yang Aman dari Ancaman Inflasi Gila-gilaan?/Foto: Getty Images/iStockphoto/melimey
Jakarta -

Inflasi menjadi permasalahan pelik yang dihadapi negara-negara di dunia. Belum usainya pandemi COVID-19, ditambah konflik Rusia dan Ukraina semakin memperburuk kondisi inflasi saat ini.

Turki sempat mencatatkan inflasi di angka 80%, tertinggi selama 20 tahun terakhir. Inflasi tinggi juga terjadi di Argentina yang mengalami lonjakan hingga 60%.

Sementara itu, inflasi di Indonesia tembus di angka 4,35% secara tahunan pada Juni 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut realisasi itu merupakan yang tertinggi sejak Juni 2017.

Bulan lalu, The Fed atau Bank Bank Sentral Amerika Serikat (AS) menaikkan suku bunga acuan 0,75%. Kenaikan bunga acuan AS dilakukan saat inflasi menyentuh 8,6%. AS juga disebut terancam masuk jurang resesi.

Di tengah tingginya inflasi, investasi apa yang aman dan tetap cuan? Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, ada kekhawatiran yang muncul di masyarakat akibat perkembangan ekonomi dunia saat ini. Investor cenderung meningkatkan saving dan mengurangi masuk ke instrumen-instrumen yang berisiko tinggi.

Sementara itu, perencana keuangan Safir Senduk berpendapat, investasi perlu dilakukan meskipun inflasi sedang meroket. Menurutnya, investasi dapat menjadi 'senjata' menghadapi badai inflasi.

"Sangat perlu kita berinvestasi untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari inflasi, supaya kita bisa menghadapi inflasi itu sendiri," ujar Safir kepada detikcom, dikutip Senin (11/7/2022).

Masyarakat disarankan untuk cerdik dalam memilih instrumen investasi. Menurutnya, investasi harus bisa memberikan hasil lebih tinggi dari angka inflasi itu sendiri.

Lihat juga video 'Inflasi di Argentina Diperkirakan Capai 70%':

[Gambas:Video 20detik]



Instrumen investasi apa yang aman? Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT