Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Apr 2018 17:10 WIB

Bagaimana Bentuk Rumah Tanpa DP Untuk PNS, TNI, dan Polri?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Danang Sugianto Ilustrasi/Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan skema pembiayaan rumah khusus untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota kepolisian. Rencananya, skema yang ditawarkan ialah tanpa uang muka (down payment) dan tenor lebih panjang.

Skema pembiayaan bakal bersifat komersil dan harga rumah yang ditawarkan sekitar Rp 300 juta-Rp 400 juta. Bagaimana bentuknya?

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengatakan, dengan harga tersebut maka ASN, prajurit TNI, dan anggota kepolisian bisa mendapat rumah yang cukup luas di wilayah sekitar Jakarta.

Soelaeman bilang, dengan Rp 300 juta mereka bisa mendapat rumah dengan luas bangunan 45 hingga 54 m2 di Serpong, Tangerang. Tanahnya sekitar 84 m2. Rumah dengan tipe dan harga yang sama juga bisa didapatkan di kawasan Bekasi dan Bogor.

"Bagus itu kok sudah gede. Sudah ada halamannya untuk PNS," ujar dia.



Dari segi kualitas, dia mengatakan, rumah ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sebab, harga bangunannya juga lebih tinggi.

"Karena spesifikasinya, bagus ada keramik. Kalau MBR bangunannya Rp 1,7 juta per m2. Kalau biasa Rp 2,5-3 juta per m2," ungkapnya.

Soelaeman menambahkan, pihaknya tak mempermasalahkan masalah skema pembiayaan. Sebab, pengembang menerima uang tunai dari bank saat rumah jadi. Kemudian, ASN, TNI, dan anggota kepolisian menyicil tanggungan rumah ke bank.

"DP 0%, 1% nggak ada bedanya. Tenor 30 tahun OK. 20 tahun nggak apa-apa. Kalau 30 tahun rendah lagi cicilannya," ujarnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed