Berapa Besar Rumah Nempel Stasiun Bisa Hemat Ongkos Transportasi?

- detikFinance
Minggu, 27 Des 2020 15:07 WIB
Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi virus Corona memaksa sebagian besar orang semakin ketat mengatur pengeluaran. Ini tak lain mengingat masih belum mementunya kondisi ekonomi yang terhantam pandemi virus Corona.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menghemat pengeluaran transportasi. Memilih hunian di dekat pusat transportasi umum bisa jadi salah satu solusi untuk menjawab kondisi tersebut.

Terlebih dengan makin mahal dan tidak praktisnya penggunaan transportasi pribadi ditambah pemerintah yang akan terus mendorong seluruh masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Penggunaan transportasi pribadi ini juga yang membuat rata-rata porsi biaya transportasi per bulan untuk kalangan pekerja perkotaan masih sangat tinggi.

Rata-rata biaya transportasi masyarakat Jabodetabek mencapai 32 persen dari seluruh gajinya, bandingkan di Singapura yang hanya 4,8 persen atau Hong Kong 6,1 persen.

Karena itu sekali lagi, hunian nempel stasiun atau hunian berkonsep transit oriented development (TOD) bisa menjadi solusi efektivitas dan efisiensi itu.

Saat ini, sebenarnya sudah banyak pengembang yang membangun hunian dengan mengusung konsep TOD in.S

Salah satunya seperti LRT City Tebet-The Premiere MTH hasil pengembangan PT Adhi Commuter Properti (ACP). Berlokasi di koridor bisnis MT Haryono, hunian ini terintegrasi dengan stasiun lintas raya terpadu (LRT) Cikoko dan cukup berjalan kaki 150 m.

Bukan hanya itu, LRT City MT Tebet-The Premiere MTH disebut juga kawasan green transport karena cukup berjalan kaki ke moda lain yaitu kereta komuter Stasiun Cawang dan Halte Transjakarta. Ke Bandara Halim Perdana Kusuma juga hanya 10 menit.

"Konsep segitiga emas public transportation ini yang ingin kami hadirkan kepada masyarakat dan ini lifestyle yang modern karena menggunakan transprotasi pribadi justru kuno. Dengan moda transprotasi yang paling lengkap mulai LRT, kereta komuter, dan Transjakarta, penghuni akan merasakan kenyamanan hunian beserta fasilitasnya dan sarana transprotasi modern yang tersedia," ujar Aan Susanto, Project Director LRT City Tebet - The Premiere MTH.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler