ADVERTISEMENT

Dijual Rp 280 M, IKEA Sentul City Masih Tetap Beroperasi Kok

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 14:41 WIB
Penampakan Terkini IKEA Sentul CIty
Foto: Danang Sugianto
Sentul -

Beberapa waktu yang lalu PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengumumkan telah menjual aset berupa tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor. Tapi tenang berarti IKEA bakal hilang di Sentul.

HERO sendiri menjual tanah dan bangunan IKEA Sentul City kepada PT Archipelago Development (APD). Informasi itu tertuang dalam keterbukaan informasi yang dilakukan perusahaan.

Transaksi ini merupakan transaksi jual beli yang bersifat afiliasi. Sebab, HERO dan APD memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd. Ibaratnya kedua perusahaan ini memiliki orang tua yang sama.

Di HERO, Mulgrave Corporation memegang saham 63,59% dan The Dairy Farm Company memegang 25,71%, sisanya dimiliki PT Hero Pusaka Sejati 2,68% dan tersebar di masyarakat 8,05. Sementara di APD sahamnya hanya dimiliki oleh Mulgrave Corporation sebanyak 25% dan the Dairy Farm Company sebesar 75%.

Untuk IKEA Sentul City sendiri saat ini disewakan kepada anak perusahaan HERO yakni RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa. Setelah melalui negosiasi, akhirnya perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada APD yang nantinya akan disewakan lagi kepada RUMAH.

Ibaratnya selama ini HERO menyewakan asetnya tanah dan bangunan IKEA Sentul City kepada anaknya (RUMAH). Nah setelah aset itu dibeli oleh saudara kandungnya yakni APD, aset itu kemudian disewakan kembali oleh APD ke ponakannya (RUMAH).

Dengan begitu IKEA Sentul City masih beroperasi seperti biasa. Karena hanya peralihan aset antar keluarga dan penyewanya masih tetap sama.

detikcom sudah menengok IKEA Sentul City. Pusat produk perlengkapan rumah dari Swedia ini masih beroperasi seperti biasanya.

Menurut pemantauan kami, IKEA Sentul City tidak bisa dibilang sepi. Pengunjung masih terlihat di setiap sudut showroom yang begitu luas. Namun tentu tidak padat, karena IKEA membatasi pengunjung di masa pandemi.

Para karyawan IKEA Sentul City juga masih terlihat bekerja seperti biasa. Petugas keamanan masih terlihat sibuk mengecek pengunjung yang datang di gerbang depan.

Di pintu masuk ada beberapa pegawai yang mengecek pengunjung apakah sudah melakukan pendaftaran di aplikasi IKEA. Mereka juga mengarahkan pengunjung untuk login di Peduli Lindungi.

Di dalam showroom, para pegawai juga terlihat sibuk dengan pekerjaannya masin-masing. Ada yang melayani pengunjung, ada yang di belakang komputer dan ada juga yang merapikan barang. Semua terlihat normal seperti biasanya.

"Nggak kok, kita tahu ada berita itu, tapi nggak ada informasi apa-apa," kata salah satu pegawai.

(das/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT