Tips Beli Rumah Buat Milenial, Pilih Rumah Baru atau Rumah Second?

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 13:30 WIB
KPR
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban

Sementara itu, rumah second memiliki kelebihan berada di daerah dengan infrastruktur lingkungan yang sudah terbangun misalnya untuk fasilitas umum dan lingkungan masyarakat. Akan tetapi, Ruby bilang, kendala membeli rumah second biasanya membutuhkan uang muka yang cukup besar jika melalui KPR.

"Dan juga kalau rumah second nggak ada potongan PPN dan nggak berlaku, untuk pembayarannya yang menggunakan KPR lebih mudah pembayaran rumah baru, bunganya lebih tinggi," imbuhnya.

Adapun kelebihan pembelian rumah second biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Milenial yang berminat untuk membeli rumah second harus mengumpulkan biaya lebih jika ingin melakukan renovasi.

"Itu harus dipersiapkan, apalagi kita tau bekas banjir atau tidak, ini harus dilakukan pengecekan double. Terus apa yang terjadi di rumah itu kan kita nggak tau namanya rumah second ya kita terima apa adanya," ujarnya.

Terlepas dari pilihan rumah second atau baru, Ruby menyarankan agar generasi milenial memilih rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk pembelian rumah.

"Nah ketika teman-teman sudah punya sesuai dengan angsuran dan kemampuan silahkan teman-teman memilih apakah rumah second atau baru, dua-duanya punya plus dan minusnya," pungkasnya.


(dna/dna)