Lagi Ngetren Sepedaan, Omzet Jualan Aksesorisnya Meroket 300%

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 04 Jul 2020 20:00 WIB
sepeda
Omzet Pebisnis Aksesoris Sepeda Melonjak 300% Gegara Gowes Lagi Trena

Alasan Feri memilih bisnis perlengkapan sepeda karena menurutnya di Indonesia belum banyak produk lokal yang menawarkan perlengkapan sepeda seperti ini. Sehingga, hal tersebut dilihat Feri sebagai peluang untuk memulai bisnis.

"Sebelumnya itu 2017 ke bawah belum ada produk lokal yang mau bermain di apparel sepeda, rata-rata memang masih dari brand luar seperti itu," imbuhnya.

Untuk itu, Feri bersama teman-temannya berinisiatif untuk memproduksi sendiri perlengkapan sepeda yang diupayakan 100% bahan dan pembuatannya adalah buatan Indonesia dengan kualitas premium.

"Hampir 90% kita jahit sendiri semua, mengumpulkan teman-teman yang memang punya skill menjahit, kita edukasi cara pembuatannya, begitu juga dengan bahan baku juga diambil dari kain-kain yang ada di Indonesia, itu banyak, 70% lokal, tapi tidak bisa kita pungkiri ada juga yang impor," paparnya.

Demi memperlebar sayap usahanya, Avelio Brand dipasarkan secara online dan offline. Namun, menurut Feri, 90% pemasaran lebih banyak dijalani secara online. Sedangkan yang offline, Avelio Brand baru memiliki 2 store resmi yang berada di Jln Candi Sambisari No. 12, Purwomartani, Kalasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jln Pondok Kelapa Raya blok F1/4 Rt.06 Rw.11 Duren Sawit, Jakarta Timur. Untuk penjualan online, Avelio juga dibantu oleh para agen dan reseller yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, menurut Feri, total reseller Avelio Brand sudah mencapai kurang lebih 300 reseller.

Untuk diketahui, produk yang dipasarkan Avelio Brand terdiri dari 5 jenis perlengkapan bagi pesepeda. Di antaranya, ada sarung tangan sepeda untuk dewasa terbagi ke beberapa tipe, ada basic edition, aero edition, darabel edition, dash fighter edition, defender, phoenix edition, bat ranger edition, iron cross edition dan twin claw edition.

Selanjutnya ada sarung tangan anak yang terbagi menjadi dua kategori yaitu phoenix anak dan basic anak. Lalu, ada sepatu sepeda dan jersey sepeda. Terakhir ada protections sepeda yang terdiri dari knee protector dan elbows protection.

Halaman

(fdl/fdl)