Saatnya Jadi Bos

Top! Mantan OB Jadi Bos Ayam Goreng Beromzet Rp 1,2 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 16:00 WIB
Top! Mantan OB Jadi Bos Ayam Goreng Beromzet Rp 1,2 T
Foto: Dok. Instagram @nurulatik_rocketchicken

Pada tahun 2010 atau tepatnya menjalankan usaha rintisan selama 9 tahun, dirinya pun mengundurkan diri dan memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Namun, dirinya terkejut langkah pengunduran dirinya diikuti oleh sembilan orang temannya yang sampai saat ini bekerja dengannya di Rocket Chicken.

Setelah mengundurkan diri, dirinya memiliki target selama satu bulan selanjutnya konsep usaha restoran ayam gorengnya harus dirilis. Pada waktu mendekati pembukaan gerai, masih ada masalah yang melandanya yaitu ayam yang akan disiapkan tidak sesuai.

Lalu, dirinya pun kembali meracik ayam goreng yang diluncurkan pada 21 Februari 2010 lalu.

"Jadi saya dari Semarang kembali ke Jogja, pada saat itu jam 11.30 WIB malam, saya meracik lagi sampai jam 02.00 WIB pagi, subuh berangkat lagi ke Semarang untuk buka," katanya.

"Jadi buka pertama kali di Semarang, di Jogja saya racik lagi subuh ke Semarang dan pertama kali buka omzet Rp 4 juta per hari," sambungnya.

Setelah berhasil membuka gerai pertama, dirinya pun mendapat penawaran franchise dari dua orang yang sebelumnya sudah menjalankan bisnis ayam goreng rintisan bersama kedua temannya. Pada saat itu, gerai Rocket Chicken pun terus bertambah hingga saat ini berjumlah kurang lebih 900-an gerai.

Dia menceritakan, membuka usaha Rocket Chicken ini sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Sebab, pada pembukaan gerai pertama di Semarang itu sudah ada investor yang memodalinya alias franchise.

Berkat kerja keras dan pengalaman yang dimiliki selama mengabdi sebagai seorang profesional di restoran siap saji dan usaha rintisannya menjadi modal yang paling utama untuk mencapai kesuksesannya seperti sekarang ini.

Sekarang, Nurul yang merupakan mantan OB pun berhasil mengubah hidup sembilan orang temannya yang ikut mengundurkan dari bisnis ayam goreng. Bahkan sembilan orang ini kini sudah memiliki jabatan yang tinggi di Rocket Chicken.

"Jadi dari 9 orang itu, 1 sebagai GM, 1 Brand Finance, 1 sebagai head gudang purchasing, 1 Finance, 5 orang lagi itu regional manager. Dan mereka kebanyakan memiliki outlet sendiri," ungkapnya.


(hek/ara)