Saatnya Jadi Bos

Pria Ini Bisnis Mebel Hingga Viral di TikTok, Omzetnya Tembus Ratusan Juta

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 01 Jun 2022 11:00 WIB
Pria Ini Bisnis Mebel Hingga Viral di TikTok, Omzetnya Tembus Ratusan Juta
Pria Ini Bisnis Mebel Hingga Viral di TikTok, Omzetnya Tembus Ratusan Juta/Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Memilih perabot memang menjadi perhatian tersendiri bagi banyak pemilik rumah. Selain harus bisa menyesuaikan dengan interior dan kualitas, soal harga juga menjadi sebuah hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Saat ini beberapa produksi di dalam negeri juga sudah tak kalah bekennya dengan merek-merek luar. Saat ini, merek mebel lokal juga banyak melebarkan branding lewat konten-konten di sosial media, seperti di TikTok maupun Instagram.

Bagi beberapa netizen pemburu mebel di sosial media khususnya TikTok, apakah kalian pernah mendengar nama Decorunic? Yup, tak sedikit juga yang sudah tahu nama brand tersebut.

Decorunic merupakan brand mebel lokal asal Jepara, yang secara branding menyusun positioning yang multifungsi dan hemat ruang. Mebel buatan Decorunic bisa dibuka, untuk berbagai fungsi, dan bisa diubah atau dimanipulasi peletakannya.

Muhammad Wahyu Amirudin (32), owner Decorunic mengatakan Decorunic diperkenalkan sebagai brand sejak 2018.

"Secara legalitas itu Decorunic berdiri 2018. Tapi sebelum itu, kita udah berjualan furniture custom di tahun 2016. Awalnya jualan aksesoris interior yang menempel di dinding, kaya meja lipat yang menempel di dinding. Lalu dikembangkan, dan mulai serius untuk membuat braind yang produk furniturenya khusus hemat ruang," ungkap Wahyu kepada detikcom, ditulis Rabu (1/6/2022).

Wahyu mengembangkan bisnis bersama sahabatnya. Ia berperan dalam urusan pemasaran, sementara untuk produksi ia serahkan kepada sahabatnya itu.

"Saya mengembangkan bisnis ini bareng sahabat kecil saya namanya Fuad Nur. Bisa dibilang ya kita berdua, dia itu temen Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saya lebih ke bagian campaign marketing, administrasi dan lain-lain. Nah, kalau bagian produksi dan pengembangan sama Fuad," kata Wahyu.

Pria Ini Bisnis Mebel Hingga Viral di TikTok, Omzetnya Tembus Ratusan JutaBisnis Mebel Viral di TikTok/Foto: Dok. Pribadi

Pria berusia 32 tahun itu juga memang tumbuh di lingkungan perajin mebel. Orang tuanya juga memiliki usaha mebel di Jepara.

"Sebenarnya kita itu juga tinggal di lingkungan perajin, yakni industri mebel di Jepara. Jadi, kita berdua belajar dari lingkungan di rumah juga. Memang latar belakang almarhum bapak saya itu usaha mebel, kemudian dilanjutkan ibu saya. Saya kan ini bikin usaha sendiri Decorunic, memang terpisah dari orang tua. Tapi, dulu saya juga tetap bantu usaha keluarga, di bidang pemasaran," jelasnya.

Menariknya, bisnisnya ini memang agak kelihatan melenceng dari latar belakang pendidikannya yang seorang lulusan Sastra Indonesia. Namun, Ia belajar keahlian marketing saat bekerja di perusahaan.

"Jadi, memang agak melenceng dari jurusan. Saya kuliah di UNNES jurusan Sastra Indonesia lulus tahun 2012. Sebenarnya, saya itu jiwanya penuh penasaran. Saya lulus kan di tahun 2012, di mana itu lagi booming banget namanya internet. Jadi, saya dulu sempat kerja di perusahaan, pernah jadi content writer. Dari situ, saya juga mulai-mulai mempelajari cara bikin website, desain, dari situ saya mulai sedikit menguasai hal marketing. Yang tadinya content writer, jadinya lebih ke digital marketer. Awalnya dari situ," ungkapnya.

Wahyu resign demi fokus bisnis. Cek halaman berikutnya.