ADVERTISEMENT

Cerita Nendi Bangun Kemandirian Kelompok Rentan Lewat Karya

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Senin, 01 Agu 2022 10:00 WIB
Nendi pemilik usaha Miss Jenny Inclusive.
Foto: dok. HM Sampoerna

Nendi punya keinginan dan impian besar bersama Miss Jenny Inclusive. Hal inilah yang membuatnya tak cepat puas dan terus belajar untuk mengembangkan bisnisnya.

Ia mengikuti berbagai peluang yang membantunya menambah wawasan seputar bisnis, dengan bergabung menjadi UMKM binaan dan mengikuti sejumlah pelatihan yang digelar Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang ditujukan untuk pendampingan UMKM. Event pertama yang diikuti Nendi adalah kompetisi GenX tahun 2021 dan Tridaya pada 2022.

SETC merupakan program pengembangan UMKM dan pusat pelatihan kewirausahaan yang didirikan oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) pada tahun 2007 melalui payung program Sampoerna Untuk Indonesia.

"Dari kompetisi GenX, kami diberikan coaching terkait dengan branding produk, bagaimana menjaga kualitas, dan yang lebih fokus terkait penjualan secara online. Mulai dari foto untuk produk. Waktu itu, saya didampingi seorang mentor. Sampai sekarang masih tetap berjalan," tutur Nendi.

Menurut dia, program-program yang digagas SETC ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM skala kecil untuk terus mengembangkan bisnisnya. Dari berbagai pelatihan dan pendampingan itu, Nendi mengaku mendapatkan pengetahuan tentang cara berbisnis yang baik, bagaimana meningkatkan skala penjualan offline dan online, dan berbagai hal terkait operasional usaha.

Tak hanya itu, SETC juga memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mendapatkan Nomor Izin Berusaha. Setelah memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB), para pelaku UMKM, termasuk Miss Jenny Inclusive, bisa mengikuti berbagai pameran.

"Kesempatan untuk berkembang dengan berkelanjutan semakin terbuka luas dengan adanya NIB. Jadi, kita mengelola bisnis dengan profesional, bukan asal-asalan," ujar dia.

Ke depannya, ia berharap keinginan awal membangun kemandirian ekonomi kelompok rentan melalui Miss Jenny Inclusive bisa terwujud dan terus berkelanjutan.

"Dengan relasi yang Sampoerna berikan kepada kami, kami yakin bisa terus berkembang. Dan bisa menginspirasi bagi komunitas-komunitas lain untuk berbisnis dan mengelola bisnis yang baik. Buat kawan-kawan yang sedang merintis, jangan patah semangat. Teruslah belajar, cari relasi. Yang pasti, bisa ikut link dan coaching Sampoerna sehingga kita bisa belajar mengembangkan bisnis secara berkelanjutan," papar Nendi.



Simak Video "Manfaatkan Platform Digital, UMKM Perempuan Asal Bali ini Berhasil Tampil di Paris Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT