Mengenal Lael Brainard, Calon Kuat Menteri Keuangan AS Era Biden

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 21:46 WIB
The state flag of the U.S. flies outside the building of the countrys consulate-general in St. Petersburg, Russia March 29, 2018. REUTERS/Anton Vaganov
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Pemilihan umum presiden Amerika Serikat (AS) menyisakan waktu kurang dari seminggu. Namun, spekulasi tentang siapa yang akan menjadi Menteri Keuangan di bawah pemerintahan Biden sudah gencar.

Analis dari Washington hingga Wall Street mengatakan wanita bernama Lael Brainard menjadi sosok yang paling dijagokan. Pejabat asal Federal Reserve (FED) ini memiliki pengalaman untuk memimpin departemen keuangan AS.

Brainard dianggap bisa menggantikan Steve Mnuchin. Meskipun beberapa para ahli khawatir mengenai kebijakan yang akan dijalankan Brainard. Dia akan menjalankan kebijakan yang lebih ketat pada bank-bank besar atau tidak progresif seperti pesaing lainnya yaitu Senator Elizabeth Warren.

"Mungkin ada tarik menarik antara kelompok progresif dengan Demokrat yang lebih moderat, tetapi banyak orang memilih seseorang dengan latar belakang yang dalam di bidang ekonomi dan kebijakan moneter," kata Quincy Krosby, kepala strategi pasar di Prudential Financial, seperti dikutip CNN, Selasa (27/10/2020).

Brainard memiliki pengalaman praktis bahkan di luar The Fed yang mungkin disukai investor. Dia pernah menjabat dalam berbagai peran sektor ekonomi di pemerintahan Clinton dan Obama.

"Brainard sangat berkualitas," kata Mike O'Rourke, kepala strategi pasar JonesTrading.

Dalam sebuah laporan tercatat, Brainard memiliki pengalaman di pemerintahan dan sektor swasta membuatnya lebih cocok untuk memimpin departemen keuangan daripada Warren yang merupakan pesaingnya.

Warren dengan reputasinya dalam menerapkan kebijaka yang agresif terhadap bank-bank besar dan perusahaan lainnya akan mengguncang kepercayaan investor.

"Itu akan sulit dibayangkan jika Warren memimpin departemen keuangan," kata O'Rourke.

Nama lain yang muncul sebagai pesaing adalah Sekretaris Keuangan termasuk mantan ketua FED yaitu Janet Yellen dan mantan gubernur FED sarah Bloom Raskin, serta Mellody Hobson seorang co-CEO manajer keuangan Ariel Investments.

Tapi Brainard mungkin menonjol dari pesaing lainnya, kata beberapa ahli.

"Dalam hal pengalaman, Brainard telah memenangkan semua tiket. Akan sulit membayangkan latar belakang yang lebih utama," kata Robert Kuttner, salah satu pendiri The American Prospect.

(hek/dna)