ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Yang Huiyan, Wanita Terkaya yang Ketiban 'Durian Runtuh' dari Bisnis Keluarga

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 07:30 WIB
Yang Huiyan
Yang Huiyan/Foto: ist
Jakarta -

Tak banyak orang yang menjadi kaya raya di usia muda. Apalagi, memiliki harta yang mencapai triliunan.

Namun, hal itu bisa diraih oleh wanita asal China, Yang Huiyan. Bahkan, hartanya telah mencapai triliunan sebelum usia 40 tahun.

Dikutip dari South China Morning Post dan Bloomberg, Selasa (9/8/2022), Huiyan telah memiliki ketertarikan bisnis sejak kecil. Bahkan, wanita kelahiran 1981 ini selalu mengikuti ayahnya Yang Guoqiang untuk rapat bisnis saat remaja. Ia mengamati bagaimana ayahnya dalam mengelola usaha.

Ia memperdalam ilmu bisnisnya dengan menempuh studi di Ohio State University untuk bidang marketing dan logistik pada 2003. Pada 2005, ia bergabung dengan Country Garden.

Yang Huiyan tak langsung berada di posisi tertinggi perusahaan. Saat bergabung, ia menjadi manajer departemen pengadaan.

Perubahan besar terjadi pada tahun yang sama. Saat itu, Huiyan menjadi pemegang saham pengendali setelah ayahnya mengalihkan kepemilikan saham. Diketahui, sang ayah mengalihkan 70% saham kepada Huiyan.

Pada 2006, ia menjabat sebagai direktur eksekutif. Kemudian, lompatan besar kembali terjadi pada 2007. Ia masuk menjadi salah satu orang terkaya China saat berusia 25 tahun. Hal itu terjadi setelah Country Garden berhasil mengumpulkan US$ 1,65 miliar dalam rangka penawaran umum saham ke publik.

Di bawah kendali Huiyan, Country Garden terbukti mengalami perkembangan yang pesat dan maju. Perusahaan itu kini menjelma menjadi perusahaan raksasa.

Forbes mencatat, pada 2021 pendapatan Country Garden mencapai US$ 67,3 miliar, aset US$ 308,2 miliar dengan laba US$ 5,1 miliar. Wanita yang kini menggenggam 57% saham Country Garden itu pun kekayaannya makin lama makin menanjak.

Data Forbes menunjukkan, pada 2013 ia memiliki kekayaan US$ 5,7 miliar atau Rp 84,36 triliun (kurs Rp 14.800). Kemudian, kekayaan terus naik hingga pada posisi saat ini US$ 10 miliar atau Rp 148 triliun.

Kekayaannya tersebut menempatkan Yang Huiyan yang berusia 40 tahun ini di posisi 85 orang terkaya dunia 2022. Pada tahun sebelumnya, ia tercatat berada di urutan ke-11 orang terkaya di China.

Simak juga Video: Ferra Menajang, Berbagi Hidup Dengan Para Perempuan ODGJ

[Gambas:Video 20detik]




(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT