Mau Surat Lamaran Dilirik HRD? Coba Pakai Cara Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 06 Nov 2020 17:20 WIB
Man writing resume and CV in home office with laptop. Applicant searching for new work and typing curriculum vitae for application. Job seeking, hunt and unemployment. Mock up text in computer screen.
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Lapangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19 tengah menipis seiring dengan ekonomi yang sedang terkontraksi. Job Openings and Labor Turnover Survey mencatat secara nasional ada sekitar dua pekerja yang menganggur untuk setiap lowongan pekerjaan.

Dengan semakin banyaknya orang yang mencari pekerjaan selama pandemi, resume yang sesuai menjadi semakin penting. Pakar karier TopResume Amanda Augustine mengungkap kesalahan terbesar yang dilakukan pencari kerja adalah mengirimkan resume yang sama ke setiap jenis pekerjaan yang mereka lamar.

Padahal menurutnya, resume yang dikirimkan yang menyesuaikan lowongan pekerjaan berpeluang tinggi. Dikutip dari CNBC, Jumat (6/11/2020) begini cara membuat resume yang menyesuaikan lowongan pekerjaan agar dilirik Human Resources Development (HRD).

Mulailah dengan pengenalan

Jika Anda melamar pekerjaan, awali resume dengan menulis pernyataan pribadi untuk menarik perhatian dan pengenalan. Selanjutnya bisa dimulai dengan promosi singkat, dan berikan alasan mengapa memilih pekerjaan tersebut.

Tetap fokus pada target pekerjaan masa depan Anda dan sampaikan hasil pekerjaan yang telah Anda lakukan yang akan menguntungkan perusahaan. Pastikan pernyataan di awal ini bisa menjawab pertanyaan "Bagaimana pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan sebelumnya bisa membantu Anda membangun keterampilan untuk menjadikan Anda karyawan unik untuk pekerjaan saat ini?"

Selanjutnya
Halaman
1 2