Wawancara Khusus Komisaris eFishery

Cerita Eks Bos GoPay Pindah Haluan Jadi Komisaris Startup Perikanan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 09:16 WIB
Komisaris eFishery Aldi Haryopratomo
Foto: Ist/Dok eFishery
Jakarta -

Sosok Aldi Haryopratomo menarik untuk dikulik. Usai menyelesaikan tugas sebagai CEO GoPay, kini Aldi berlabuh ke sebuah startup yang bergerak di sektor perikanan atau akuakultur, eFishery.

Tentu saja, akuakultur merupakan bidang yang jauh berbeda dengan bidang yang Aldi geluti sebelumnya yakni di bidang dompet digital.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan detikcom, Jumat (19/2/2021), ia pun bercerita mengenai pertemuan pertamanya dengan CEO & Co-founder eFishery Gibran Huzaifah, hingga keputusannya untuk menerima pinangan sebagai komisaris eFishery.

Ia juga bercerita mengenai gagasan dari perusahaan rintisan ini serta produk yang dikembangkan. Serta, manfaat yang dirasakan para pembudidaya ikan.

"Terus terang waktu Gibran cerita seru banget sih 'Mas aku bikin robot yang bisa tahu kapan ikan itu laper sehingga kasih makannya lebih pas'. Kan aneh banget kan, ada startup bikin robot yang tahu ikan itu laper, siapa yang mikirin ikan itu laper, kapan. Itu menurut saya bagus banget idenya," kata Aldi Jumat lalu.

Aldi punya misi besar terhadap startup ini. Apa saja rencana Aldi? Simak petikan wawancara detikcom dengan Komisaris eFishery Aldi Haryopratomo berikut ini:

-Bisa diceritakan awal mula masuk ke eFishery?

Sebenarnya saya sama Gibran (CEO eFishery) itu sudah kenal sudah lama ya, 5 tahun lebih kayaknya. Jadi kita pertama kali bertemu di World Economic Forum di Manila. Setelah itu kita juga bertemu di Endeavor, Endeavor itu sebuah organisasi entrepreneur.

Waktu di Endeavor Gibran minta tolong 'Mas boleh nggak aku ketemu lah sebulan sekali, atau apa minta bantu kalau ada pertanyaan'. Dari situ ya aku sih, niat Gibran semangatnya sama, sama saya, dia bener-bener mau membantu orang di desa terutama. Waktu itu saya masih di Mapan dan nggak banyak lah yang bener-bener fokus ke sektor yang pedesan dan juga produktif sehingga akhrinya saya setuju.

Sejak itu kita ketemu sih setiap bulan, kadang-kadang telpon, kadang-kadang ketemu, dan akhirnya setelah 5 tahun dia makin gede juga, saya juga pindah ke Gopay, dan dia dapat investment dari Go Ventures sebagian Gojek Group yang saya juga bagian di situ.

Gibran minta kalau misalnya kalau dia dapat investment dari sana saya jadi komisarisnya boleh nggak, dformalkanlah sesuatu yang sejak lama.

Kalau mau ditanya singkatnya ya intinya saling bantulah, saya bantu Gibran bagaimana tentang caranya membesarkan usaha, Gibran juga mengenalkan industri perikanan dan akhrinya saat dia membutuhkan komisaris formal ya saya menjadi mentor yang formal sebagai komisaris. Kan peran komsirasis sebagai mentor ya.


-Kapan diminta secara formal?

Akhir tahun kemarin

-Pertama ketemu Gibran?

Tahun 2015

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2