Follow detikFinance
Rabu, 11 Jul 2018 18:10 WIB

Luhut: Yang Bilang Utang Kita Banyak, Datang ke Saya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pertumbuhan utang pemerintah saat ini lebih rendah dibanding sebelum-sebelumnya. Dia bilang, penarikan utang saat ini lebih banyak dipakai untuk pembangunan, bukan sesuatu yang tak produktif.

Hal itu dia sampaikan saat berbicara dalam acara Sarasehan bertopik "Poros Maritim Dunia Sebagai Bagian Pendekatan Kesejahteraan dalam Kerangka NKRI" di JS Luwansa, Jakarta.


"Orang pikir kita utang, utang dari mana. Utang itu sekarang turun di proyek, tidak di G2G (government to government) lagi. Itu terjadi perubahan. Nah orang bilang utang. Ini utang kita rendah," katanya, Rabu (11/7/2018).


Luhut sendiri menerima dengan terbuka jika ada yang mengkritik soal utang pemerintah. Menurutnya, pengelolaan utang yang dilakukan pemerintah saat ini sudah baik.

"Orang ribut (soal utang), makanya saya suka ngomong dimana mana, 'eh yang bilang utang kita banyak itu datang ke saya'," sebutnya.

"Kalau saya salah, saya cium kaki kau. Tapi kalau kau salah, kau cium kaki saya. Nggak ada yang datang, nggak ada yang berani," tambahnya.


Diketahui, sebelumnya ada beberapa tokoh nasional yang pernah mengkritik soal utang. Di antaranya ekonom senior Rizal Ramli, ketua umum Gerindra Prabowo Subianto, hingga Anggota DPR seperti Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed