Follow detikFinance
Selasa, 16 Okt 2018 08:13 WIB

Impor Ditekan, Neraca Dagang RI di September Surplus

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Jakarta - Neraca perdagangan Indonesia akhirnya kembali surplus. Setelah sempat defisit pada dua bulan terakhir, neraca dagang Indonesia kembali positif pada bulan September 2018 yang mencapai US$ 227 juta.

Neraca perdagangan yang surplus dicatatkan oleh sumbangan ekspor sepanjang September sebesar US$ 14,83 miliar dan impor sebesar US$ 14,6 miliar. Kinerja ekspor pada September sendiri mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya, namun terbantu oleh impor yang turun lebih dalam yakni sebesar 13,18%.

Sementara jika dilihat pada tahun kalender (Januari-September 2018), neraca perdagangan Indonesia tercatat masih mengalami defisit sebesar US$ 3,78 miliar. Pekerjaan rumah menekan defisit transaksi berjalan lewat perbaikan neraca perdagangan pun masih terus dinanti untuk diselesaikan.

Torehan neraca dagang yang positif pada bulan September sendiri bukan prestasi yang bagus-bagus amat. Tren neraca dagang surplus pada bulan September tercatat sudah terjadi setidaknya dalam tiga tahun terakhir.

Pada 2016, neraca dagang Indonesia di bulan September juga tercatat surplus sebesar US$ 1,28 miliar dan di 2017 surplus US$ 1,79 miliar. Nilai surplus pada September 2018 yang jauh lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya justru agak berbanding terbalik dengan komentar positif Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyambut gembira perolehan neraca perdagangan September.

"Senang dengan arahnya sudah mulai membaik. Dari sisi neraca perdagangan, terutama nonmigas, September sudah menunjukkan positif, meskipun migas masih negatif," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/10/2018).

Berikut informasi lebih lengkap mengenai perkembangan neraca perdagangan Indonesia terkini hingga September 2018: (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed