Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Mar 2019 12:22 WIB

Saat Anak SD Kepulauan Diajari Menabung Pertama Kali di Bank

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Agung Pambudy/detikcom Foto: Agung Pambudy/detikcom
Halmahera Selatan - Keriuhan kerja bakti di SDN 4 Kayoa Halmahera Selatan mendadak berhenti saat mantri BRI berseragam oranye datang ke sekolah. Anak-anak dibuat penasaran karena sang mantri yang tak lain adalah Rusdi Wambes (29) membawa setumpuk buku tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) di tangannya.

Kepala Sekolah sekolah dasar tersebut, Mahmud Ahmad pun menyuruh anak kelas 5 dan 6 untuk masuk kelas karena ada sosialisasi menabung di bank dari mantri BRI. Dengan tertib anak-anak berseragam olahraga tersebut menurut masuk ke dalam kelas. Dengan wajah penasaran, anak-anak menunggu sang mantri buka suara.

"Perkenalkan nama saya Pak Rusdi, pegawai bank BRI. Saya tanya siapa di sini yang ingin jadi tentara?" tanya Rusdi lantang.


Sebagian besar anak laki-laki bersemangat menunjuk tangan. Lalu Rusdi menyerahkan contoh buku tabungan Simpel kepada beberapa anak yang menunjuk tangan.

Pertanyaan serupa diulang, kali ini bertanya anak yang ingin menjadi dokter. Setelah contoh tabungan Simpel habis di tangan, Rusdi menjelaskan.

"Nah, kalian yang punya cita-cita ingin menjadi tentara dan dokter harus rajin belajar dan jangan lupa menabung. Kalian bisa buka tabungan menabung Rp 10 ribu 20 ribu di bank apung Bahtera Seva atau di sekolah," kata Rusdi di depan kelas.

Hal yang dilakukan RUsdi salah satu upaya untuk mensosialisasikan kebiasaan menabung pelajar di bank. Apalagi kini masyarakat Kayoa tidak kesusahan lagi menabung karena ada Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang datang setiap hari Jumat.

Sosialisasi Rusdi pun disambut dengan antusias oleh anak-anak, salah satunya Nanang, murid kelas 5. "Biasanya nabung di celengan buat beli pena. Kata mamak juga suruh tabung buat beli beras. Mau kalau ada tabungan di sekolah," kata anak yang bercita-cita jadi polisi tersebut.

Sementara itu, Wali Kelas 6, Salim, mengatakan tabungan pelajar seperti Simpel BRI ini bagus untuk masa depan anak yang biasanya hanya menabung di celengan saja.

"Kalau sekarang ada tabungan ini walaupun cuma sedikit uang mereka bisa ditabung. Kan kita pikir tabung di bank harus besar sekarang dengan adanya BRI Alhamdulillah uang tidak perlu terlalu besar dan saya merasa bangga dengan adanya tabungan ini," ucap Salim.


Hal serupa juga dirasakan oleh Kepala Sekolah tersebut, "Menurut saya baik juga. Nanti kan kita akan adakan rapat ke orang tua juga mengenai tabungan ini. Bagus karena untuk masa depan anak-anak untuk mereka lanjutkan masa depan," tambah Mahmud Ahmad.

Tabungan Simpel milik bank BRI mempunyai banyak keuntungan, seperti gratis biaya administrasi bulanan, setoran murah, pembukaan rekening mudah, lokasi nabung bisa di sekolah, tanpa melalui mekanisme bundling dengan rekening orang tua, serta rekening atas nama siswa. Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed