Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Jan 2020 17:19 WIB

Mentan Beberkan Jurus Tangkal Imbas Cuaca Ekstrem, Ini Caranya

Jefrie Nandy Satria - detikFinance
Foto: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Jefrie Nandy/detikcom) Foto: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengakui cuaca ekstrem yang sempat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia mempengaruhi kualitas pertanian yang ada. Dia menyebut, pertanian dan kondisi cuaca adalah dua hal yang tidak terpisahkan.

"Pertanian itu selalu sangat bersentuhan dengan cuaca. Agroklimaks itu menentukan berhasil atau tidaknya pertanian. Oleh karena itu cuaca buruk pasti berpengaruh," kata Syahrul di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020)

Namun menurut Syahrul, pengaruh cuaca ekstrem tersebut tidaklah signifikan. Dia menyebut telah menangani berbagai daerah yang terpengaruh cuaca ekstrem tersebut.

Menurut Syahrul beberapa wilayah juga sempat mengalami banjir dan telah dilakukan penanganan yang diperlukan. "Katakanlah ada daerah-daerah yang banjir, kurang lebih 68 ribu (hektar), tetapi yang katakanlah terganggu pertaniannya kurang dari 10 ribu (hektar). Kalau kita 10 ribu (hektar) yang kita intervensi," ungkap Syahrul.


Dia menjelaskan mengenai gambaran penanganan yang telah dilakukan. Dia menyebut, mengganti bibit menjadi intervensi yang telah dilakukan pemerintah.

"Jadi ada gangguan 68 ribu hektar tergenang banjir tetapi yang puso itu kemungkinannya adalah kurang dari 10 ribu (hektar). 10 ribu (hektar) intervensinya adalah mengganti bibit segera sehingga dia bisa bertanam lagi," katanya.

Bantuan melalui asuransi pun, menurutnya, dapat dilakukan. "Kalau dia menjadi sesuatu gangguan, kita turunkan pendekatan-pendekatan asuransi yang memang mereka miliki sehingga tentu saja kita berharap tidak ada hal yang merugikan rakyat di situ," tutur Syahrul.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Unik! Gorontalo Punya Sawah Berpola Not Balok Musik"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com