Kritik Kebijakan PSBB, Rizal Ramli: Serba Nanggung!

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 16 Jul 2020 20:34 WIB
Rizal Ramli
Foto: Trio Hamdani: Ekonom Rizal Ramli
Jakarta -

Presiden Joko Widodo bersyukur memilih pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketimbang lockdown. Alasannya, ekonomi Indonesia tetap tumbuh meski Corona berimbas ke mana-mana.

Namun ekonom Rizal Ramli punya pandangan berbeda. Dia menilai kebijakan PSBB serba nanggung.

"PSBB apakah efektif, mohon maaf ya, kalau saya dari pada berlama-lama, PSBB kan serba nanggung, dan menyerahkan ke daerah-daerah. Lah daerah-daerah emang punya duit? Kan yang punya duit hanya DKI, itu pun sebulan lagi abis. Kalau saya sih lebih setuju lockdown saja," ujarnya dalam diskusi yang digelar secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Rizal Ramli menilai, penerapan lockdown selama sebulan akan lebih efektif ketimbang PSBB yang dinilai tegas dan terlalu lama.

Sementara dalam konteks menjaga ekonomi rakyat, dia menyarankan selama masa lockdown pemerintah harus rela mengeluarkan anggaran yang lebih besar. Mulai untuk melakukan tes massal hingga memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang tidak bisa bekerja.

"Jadi sebulan itu kita ngeluarin duit bener, tes corona dan lain-lain, dan kasih makan orang-orang, bisa itu. Ketiga kita genjot produksi pertanian, itu kan nggak susah," tambahnya.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2