Marak Impor Sepeda, Menhub Minta Pekan Sepeda Promosikan Produk Dalam Negeri

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 25 Sep 2020 10:56 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta satu kegiatan dalam Pekan Sepeda Nasional bisa diselenggarakan untuk promosi produk dalam negeri. Ia melihat saat ini begitu marak sepeda impor, sehingga dukungan bagi produk dalam negeri ini diperlukan.

"Di tengah pandemi saya dengar impor banyak sekali. Pak Dirjen, kalau bisa nanti waktu ada pekan promosi atau jualan itu produksi dalam negeri," kata Budi dalam pembukaan Pekan Sepeda Nasional yang digelar virtual, Jumat (25/9/2020)

Namun, ia menegaskan dalam Pekan Sepeda itu nanti hanya menggelar promosi untuk produk dalam negeri, bukan sepeda impor. "Kalau produksi luar negeri nggak usah dipromosikan, bisa jualan sendiri," tegas Budi.

Dengan upaya ini, ia berharap industri sepeda dalam negeri bisa tetap produktif dan menyerap tenaga kerja lebih banyak. "Karena dengan memasarkan produksi dalam negeri berarti kesempatan kerja untuk teman-teman kita banyak," urainya.

Selain akan menggelar acara promosi untuk sepeda lokal, Kemenhub juga menyerahkan 50 parkiran sepeda yang disebarkan utamanya di wilayah DKI Jakarta seperti di stasiun, masjid, perkantoran, dan sebagainya.

Ke depannya, ia meminta sarana-sarana publik terutama stasiun kereta api bisa menyediakan parkiran sepeda lebih banyak untuk mendukung transportasi antarmoda.

"Pagi teman-teman atau khalayak itu naik sepeda. Pak Dirjen gabung dengan PT KAI buat tempat sepeda yang besar, yang dikunci, dan sebagainya. Nah satu itu tidak membuat suatu parkiran yang banyak. Orang semua berolahraga pagi, selain itu tidak ada polusi. Jadi saya pikir sepeda itu alternatif yang baik," pungkas dia.

(fdl/fdl)