Mendag: UKM Perlu Digitalisasi Agar Produknya Murah

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 17 Des 2020 08:59 WIB
Mendag Agus Suparmanto
Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendorong usaha kecil menengah (UKM) tetap bergeliat di tengah pandemi COVID-19.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya terus mendongkrak perekonomian yang melibatkan UKM dengan beberapa program. Salah satunya melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Menurut dia, perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong semua kalangan untuk beradaptasi. Hal itu juga mengubah perilaku konsumen yang semakin kritis dalam berbelanja produk.

"UKM perlu melakukan digitalisasi sehingga dapat memasarkan produknya dengan murah, tetapi menarik dan efektif," ujar Agus dalam keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Agus mengatakan, melalui lomba, ke depannya diharapkan akan terjalin hubungan baik antara Kementerian Perdagangan, pelaku UKM, lembaga pembiayaan, dan penyedia platform digital. Selain itu, program-program Kementerian Perdagangan diharapkan juga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh para pelaku usaha.

"Semoga dengan lomba ini para UKM terpacu untuk terus berkreasi dan menghasilkan produk-produk unggulan," tutur Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2