ADVERTISEMENT

Jangan Langsung Tuduh Babi Ngepet, Kerjaan Ini Digarap di Rumah Tetap Bisa Cuan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 11:43 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Babi ngepet jadi perbincangan warganet setelah kemunculan seekor babi di Depok. Belakangan babi ngepet yang jadi sorotan itu ternyata memang babi, bukan binatang jadi-jadian.

Yang unik, dalam beberapa potongan video yang beredar di media sosial, ada seorang yang mengaku tahu sosok di balik babi ngepet itu. Hal ini berawal dari kecurigaan kepada tetangganya yang kaya tiba-tiba.

Ibu ini mengatakan tetangganya itu berdiam di rumah saja namun tiba-tiba kaya. Dia pun curiga tetangganya itu merupakan sosok di balik babi ngepet yang viral, meski tak bisa memberikan bukti yang nyata.

Babi ngepet diyakini sebagai hewan jadi-jadian yang merupakan salah satu bentuk pesugihan. Ini dipercaya bisa membuat kaya raya pelakunya.

Namun, di era digital seperti ini mau kaya raya tak perlu repot-repot jadi babi ngepet. Sederet pekerjaan bisa dikerjakan hanya dari rumah saja, dan memberikan pemasukan yang cukup luar biasa.

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, banyak peluang bisnis dan karier yang bisa dilakukan hanya dari rumah.

"Kalau ingin berbisnis dari rumah peluangnya banyak sekali. Jadi di rumah bukan berarti nggak bisa menghasilkan uang," kata Andy, Rabu (28/4/2021).

Daripada jadi babi ngepet, lebih baik mencoba pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah menjadi freelance.

Jadi freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah daripada cari ilmu jadi babi ngepet. Freelance sendiri adalah pekerja lepas yang menerima pekerjaan dari beberapa pihak dengan skala per proyek.

Pekerjaan ini bisa memberikan keleluasaan untuk pekerja freelance mengatur ritme kerjanya. Prinsipnya, pekerja dibayar sesuai apa yang dihasilkan olehnya. Uniknya pemberi pekerjaan juga bukan cuma orang lokal saja, freelance juga bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri.

Salah satu contoh freelance adalah menjadi copy writer, Andy mengatakan, saat ini sektor bisnis, terutama bisnis yang fokus di penjualan online memerlukan banyak copywriter.

Dia mengatakan, jika seseorang punya kreativitas dalam menciptakan kata-kata unik, maka orang itu bisa berkarier menjadi copywriter meski hanya di rumah saja.

"Ada orang yang menjual jasanya itu membuat caption untuk media sosial, jadi misalnya ada pedagang yang nggak sempat mengurusi media sosialnya, nah dia jadi digital marketingnya. Nah itu sekarang ada kontraknya bulanan, harian, dan sebagainya, itu copywriter," papar Andy.

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan di rumah di halaman berikutnya.

Selain Freelance, masih ada banyak pekerjaan yang bisa menghasilkan penghasilan dari rumah tapi bukan jadi ngepet. Berikut ini ulasannya:

Jualan Online

Andy mengatakan, berjualan di lapak online adalah salah satu peluang menghasilkan uang dari rumah saja. Saat ini, untuk memperoleh bahan baku atau produk yang mau dijual pun bisa dibeli secara online, lalu dijual lagi melalui lapak online seperti media sosial, e-commerce, dan sebagainya.

"Mulai dari makanan, atau alat-alat bertanam seperti pot, itu pun bisa dikirim online.Kemudian juga pakaian. Kalau di Lebaran ini, pastinya kebutuhan untuk perlengkapan sholat, baju muslim, itu menjadi lebih tinggi," jelas Andy.

Dropship

Nah, dropship ini tak jauh berbeda dengan berjualan online. Hanya saja, dropship artinya pedagang tak perlu menyimpan stok produk terlebih dahulu, atau mengirim produk ke pembeli. Hal itu dilakukan langsung oleh produsen.

"Atau dropship, itu modalnya lebih sedikit sekali. Karena dia hanya memasarkan produknya, dia tidak perlu menyetok barang dulu, pengiriman hanya dari produsen, dia hanya bantu marketing," urai Andy.

Multi-level Marketing (MLM)

Berbeda dengan zaman dulu, menurut Andy sekarang ini banyak peserta MLM yang berbisnis hanya dari rumah. Hal ini juga bisa dijadikan bisnis untuk menghasilkan uang hanya dari rumah.

"Belum lagi bisnis-bisnis seperti MLM mereka melakukannya sekarang lebih banyak online," tutur Andy.

Trader Saham

Menjadi trader saham juga bisa menghasilkan uang meski hanya di rumah saja. Hanya dengan modal gadget dan koneksi internet, tak lupa juga pengetahuan akan saham, maka seseorang bisa mendulang keuntungan meski tak ke luar rumah sama sekali.

"Bahkan yang lebih canggih, trader saham dia bekerja dari dalam saja. asal punya kuota internet dan komputer saja. Artinya banyak yang bisa dipilih, Jadi kembali lagi pada passion masing-masing, sesuai kebutuhan dan keinginan masing," pungkas Andy.

Banyak kan pilihan pekerjaan yang bisa menghasilkan meskipun cuma di rumah aja. Jangan coba-coba deh jadi babi ngepet.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT