Pegawai BUMN Mau Jadi Bos? Ikut Pelatihan Dulu di Sini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 14 Jul 2021 19:03 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Kualitas sumber daya manusia (SDM) di BUMN ditingkatkan. Peningkatan kualitas SDM di BUMN salah satunya dilakukan Bank Mandiri melalui Corporate University.

Saat ini, unit Corporate University bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40.000 pegawai organik Bank Mandiri melalui berbagai rangkaian program training dan pelatihan yang melibatkan tenaga pengajar baik dari internal maupun eksternal, termasuk pengajar tamu dari institusi global.

Tak hanya SDM internal, program pelatihan ini juga dirancang untuk memberi dampak yang signifikasi kepada masyarakat luas, misalnya melalui program Kriya Mandiri, Calon Pemimpin Daerah Khusus, dan Mandiri Sahabatku.

Menurut Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, Corporate University Bank Mandiri melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal.

"Dengan jumlah karyawan tersebut, dimana 70% di antaranya adalah generasi milenial, Bank Mandiri harus menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat di industri ini, apalagi mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran virus Covid-19. Di sisi lain, disrupsi akibat revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi proses semakin terasa pada bisnis perbankan," kata Agus, Rabu (14/7/2021).

Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak SDM yang unggul, terutama top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan di Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya.

Mandiri University melakukan ini dengan terus menyelaraskan pembelajaran dengan bisnis, menjadi enabler kapabilitas para pegawai Bank Mandiri dan melakukan inovasi digital. Inovasi digital ini membuat para Mandirian menjadi pembelajar tangguh yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja.

"Baru-baru ini Corporate University Bank Mandiri telah ditunjuk menjadi Ketua BUMN Leadership & Management Institute oleh Kementerian BUMN. Dalam konteks ini, kami akan terlibat dalam pengembangan pemimpin bagi seluruh insan BUMN, melalui proses transfer of knowledge yang kami fasilitasi melalui berbagai macam rangkaian inisiatif pembelajaran, seperti Onboarding Program for Commissioners & Directors BUMN," katanya.

Melahirkan dan membentuk pemimpin serta talent yang tangguh merupakan rangkaian proses by design, yaitu dengan merancang strategi pembelajaran yang mengubah business context menjadi learning content.