Banyak yang Gulung Tikar, Pedagang Kecil Kirim 'Surat Cinta' ke Jokowi

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 23 Jul 2021 15:16 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan informal yang tergabung dalam Forum Organisasi Usaha Rakyat Kecil UMKM-Informal Nusantara (FORUM URKANTARA) menyuruti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka menyampaikan aspirasinya terkait pandemi virus Corona (COVID-19) yang memukul bisnis mereka.

Mereka mendesak Presiden Jokowi melindungi keselamatan jiwa rakyat, memenuhi kebutuhan pokok rakyat, melindungi serta memberikan stimulus dan insentif ekonomi usaha rakyat kecil UMKM-informal, serta mengambil tongkat komando dan merombak totalitas tim penanganan pandemi COVID-19.

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia lebih dari 1 tahun 4 bulan dan bahkan kini mengalami lonjakan, mereka nilai bukan saja mengancam keselamatan jiwa seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. Mereka sebagai pelaku usaha kecil juga merasakan dampaknya.

"Mengakibatkan usaha rakyat kecil, UMKM dan Sektor Informal lebih dari 60% mengalami gulung tikar dan berada pada ambang zona lampu merah ekonomi rakyat," demikian isi surat tersebut dikutip detikcom, Jumat (23/7/2021).

Mereka menyatakan daya beli masyarakat semakin anjlok, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari saja harus menjual aset atau mencari pinjaman.

Lebih lanjut, mereka menyebut angka kemiskinan dan ancaman kelaparan semakin meluas diseluruh wilayah Indonesia, serta situasi dan keadaan yang diakibatkan sangat mengganggu dan mempengaruhi semua aktifitas dalam bermasyarakat dan berbangsa, yang mana menimbulkan kecemasan dan ketakutan.

"Bahkan kepanikan yang sangat luar biasa bahkan di lapangan seakan-akan rakyat berhadap-hadapan dengan pemerintahannya sendiri atau pemerintah seakan-akan berhadap-hadapan dengan rakyatnya sendiri selama pemberlakukan Kebijakan PPKM Darurat COVID-19 yang dimulai pada tanggal 3 Juli 2021," isi surat tersebut lebih lanjut.

Atas dasar itu, pimpinan dari FORUM URKANTARA, Forum Organisasi Usaha Rakyat Kecil UMKM-Informal Nusantara menyampaikan surat terbuka kepada Jokowi.

Baca di halaman selanjutnya untuk mengetahui isi lengkap surat tersebut.



Simak Video "Siasat Pengusaha Restoran Bertahan di Tengah Hantaman Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]