Runut Kisruh Sumbangan Heroik Rp 2 T Akidi Tio yang Ternyata Prank

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 07 Agu 2021 14:45 WIB
Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Foto: Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Jakarta -

Keluarga Akidi Tio menyita perhatian khalayak setelah digembor-gemborkan akan memberi bantuan dana Rp 2 triliun untuk penanganan wabah pandemi COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). Babak baru muncul, di mana Heriyanty, anak Akidi Tio menjalani pemeriksaan di Sumatera Selatan.

Padahal, awal mula tersebarnya informasi mengenai sumbangan ini keluarga Akidi Tio telah mendapat banyak pujian, ternyata hibah tersebut dicap palsu dan berujung pernyataan permintaan maaf oleh Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Eko indra Heri.

"Secara pribadi saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Khususnya jelas kepada bapak Kapolri, pejabat utama Mabes Polri, anggota Polri se-Indonesia dan masyarakat Sumatera Selatan," kata Eko membuka konferensi pers di Polda Sumsel, Kamis (5/8/2021) lalu.

Keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.Keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan. Foto: (Istimewa)

Rentetan perjalanan sumbangan Rp 2 triliun Akidi Tio sudah berjalan sekitar beberapa pekan yang lalu. Pada 26 Juli, secara simbolis keluarga diberikan hibah dari keluarga pengusaha asal Aceh yang disaksikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan Danrem Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus.

Berita ini membuat heboh satu Indonesia. Pasalnya, uang Rp 2 triliun bukanlah jumlah yang sedikit. Apalagi diberikan oleh seseorang yang rekam jejaknya sangat asing di Indonesia.

Kalangan pengusaha juga tak mengetahui siapa Akidi Tio ini. Mulai dari Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa sampai Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia Adhi S Lukman tak kenal dengan Akidi.