Bulog Jadi Penyedia Jagung buat Pakan Peternak, Pasokannya dari Mana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 11:18 WIB
Gedung Bulog. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk menyediakan pasokan produksi dalam negeri dan penyaluran jagung kepada peternak. Hal ini sebagai respons melonjaknya harga jagung untuk pakan peternak.

Jadi, nantinya Perum Bulog yang menyediakan pasokan jagung dan menyalurkan jagung bersubsidi pada peternak sasaran melalui Koperasi Peternak Sasaran.

"Tingginya harga jagung di petani ini diharapkan mencerminkan kesejahteraan petani jagung, namun di sisi lain berdampak kepada ribuan peternak mandiri yang kelimpungan dengan kenaikan harga pokok produksi, untuk itu Bulog mendapat penugasan penyediaan pasokan dan penyaluran jagung tersebut dengan selisih harganya akan dibiayai pemerintah sebagai subsidi ke peternak sasaran", kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal dalam keterangannya, dikutip Kamis (21/10/2021).

Untuk penyediaan jagung, Perum Bulog mulai membuka jaringan suplai dengan bertemu para petani jagung, pengepul, dan pemilik jagung lainnya. Pertemuan di Grobogan merupakan salah satu upaya Bulog membuka jaringan suplai.

Untuk harganya, Bulog masih menunggu penetapan harga beli jagung oleh pemerintah. Harga beli inilah yang akan menjadi dasar perhitungan bagi pelaksanaan penugasan oleh Bulog dan perhitungan subsidi kepada peternak sasaran.

"Sambil menunggu penetapan Harga Beli Jagung dalam program ini, Bulog telah berkoordinasi dengan jaringan pemasok jagung. Begitu harga beli jagung ditetapkan, kami segera menggerakkan jaringan suplai yg sudah dibentuk untuk penyiapan pasokan", pungkasnya.



Simak Video "Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)