Mengerikan! Ini Rentetan Kecelakaan Pesawat Boeing dari RI hingga China

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 11:09 WIB
Pabrik Boeing San Antonio
Foto: CNN
Jakarta -

Pesawat pabrikan Boeing lagi-lagi mengalami kecelakaan, kejadian paling baru terjadi di China. Tragedi mengerikan itu menimpa maskapai China Eastern Airlines yang dilaporkan jatuh di area pegunungan di wilayah China bagian selatan, pesawat yang digunakan adalah jenis Boeing 737-800.

Bila diulas kembali sejak tahun 2018 sudah ada 4 kecelakaan besar yang dialami pesawat pabrikan negeri Paman Sam tersebut. Dua kejadian pertama terjadi berdekatan. Kecelakaan mengerikan menimpa maskapai Lion Air di tahun 2018 dan maskapai Ethiopia Airlines di tahun 2019.

Dua maskapai tersebut memakai pesawat jenis Boeing 737 Max-8. Setelah pengusutan dilakukan, ternyata biang kerok dua kecelakaan tersebut sama, yaitu masalah yang terjadi pada perangkat lunak pengendali penerbangan atau dikenal sebagai maneuvering characteristics augmentation system alias MCAS.

Perlu diketahui juga, pesawat ini tergolong jenis baru. Pesawat yang dimiliki Lion Air dan Ethiopia Airlines itu juga masih baru tiba di negara masing-masing.

Imbas kejadian kecelakaan beruntun itu, pesawat jenis tersebut langsung 'diblokir' di berbagai negara sejak 2019, tak terkecuali di Indonesia. Sejak Maret 2019 Kementerian Perhubungan mengeluarkan perintah grounded atau pengandangan pada pesawat Boeing 737 Max-8 di Indonesia.

Sementara itu, Boeing, di negaranya diinvestigasi ketat oleh Administrasi Penerbangan Federal AS (Federal Aviation Administration/FAA). Pabrikan pesawat itu juga diminta untuk memperbaiki sistem MCAS dan juga memberikan pelatihan ulang kepada semua pilot Boeing 737 Max-8.

Setidaknya butuh 3 tahun bagi Boeing untuk mendapatkan kembali izin terbang untuk pesawat 737 Max-8, di pertengahan tahun 2021 izin penerbangan sementara Boeing diberikan FAA. Tapi, baru di Desember 2021 lah Kementerian Perhubungan mulai memberikan izin untuk Boeing 737 Max-8 terbang lagi di langit Indonesia.

Di awal 2021 pun kecelakaan pesawat pabrikan Boeing pun sempat terjadi lagi di Indonesia. Hal itu menimpa pesawat Boeing 737-500 yang dioperasikan Sriwijaya Air.

Dari Boeing 737 Max-8 hingga Boeing 737-800, berikut ini rentetan kecelakaan besar yang terjadi pada 'burung besi' milik Boeing di dunia:

1. Lion Air

Kecelakaan pesawat Lion Air penerbangan JT610 terjadi pada 29 Oktober 2018 silam. Rentetan kejadian mengerikan itu terjadi mulai pukul 06.20 WIB.

Pada pukul 06.22 WIB, diketahui terjadi masalah kontrol pesawat (flight control) sehingga pilot Bhavye Suneja dan kopilot Harvino sempat meminta lembaga pelayanan navigasi penerbangan AirNav kembali ke Soetta (return to base).

Sekitar pukul 06.32 WIB, secara tiba-tiba pesawat hilang kontak di perairan Karawang. Kemudian diketahui pesawat itu jatuh di perairan tersebut dari ketinggian 3.000 kaki.

Sebanyak 189 orang berada di dalamnya, termasuk penumpang dan awak, tidak dapat diselamatkan. Di antara yang menjadi korban adalah 20 orang yang merupakan para pejabat. Penerbangan tersebut diketahui hendak melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pangkal Pinang.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Jenazah Korban Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Ditemukan!"
[Gambas:Video 20detik]