Kesenjangan Karier hingga Gaji Perempuan Dibahas di Pertemuan G20

ADVERTISEMENT

Kesenjangan Karier hingga Gaji Perempuan Dibahas di Pertemuan G20

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 27 Agu 2022 19:22 WIB
Ilustrasi wanita karier atau PNS
Ilustrasi/Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah melaksanakan pertemuan G20 di tingkat menteri tentang Pemberdayaan Perempuan (G20 MCWE). Dalam pertemuan itu ada tiga isu utama yang dibahas, terutama berkaitan dengan kesenjangan pekerjaan hingga pembayaran untuk karier perempuan.

Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan atau G20 Ministerial Conference on Women's Empowerment/MCWE yang kedua ini sudah dilaksanakan pada 24-25 Agustus di Nusa Dua, Bali. Tema pertemuan ini "Recover Together, Recover Stronger to Close Gender Gap".

"Pertama adalah Peduli Ekonomi (Care Economy) Pasca COVID-19, berfokus pada pekerjaan perawatan yang tidak dibayar dan peluang yang hilang di pasar tenaga kerja; Kedua, menutup Kesenjangan Gender Digital, membahas partisipasi perempuan dalam ekonomi digital dan pekerjaan di masa depan," tutur Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA sekaligus Ketua Umum G20 MCWE 2022, Lenny Rosalin dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8/2022).

Isu ketiga adalah kewirausahaan perempuan, dengan fokus pada potensi untuk mendukung perempuan pemilik usaha, untuk mempercepat kesetaraan dan mempercepat pemulihan.

Penyelenggaraan MCWE 2022 dilatarbelakangi oleh dampak yang menimpa kelompok perempuan akibat pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi setiap aspek masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perdagangan internasional. Tantangan global lainnya tetap ada, termasuk perubahan iklim, pengangguran, kemiskinan, dan akses perempuan ke pembiayaan dan peningkatan kapasitas dan keahlian.

Pada saat yang sama terdapat kesenjangan dalam kapasitas negara-negara untuk mengatasi krisis yang terus berlanjut, termasuk dampak konflik geopolitik yang sedang berlangsung, terhadap perempuan dan anak-anak.

Pertemuan ini dihadiri para menteri yang membidangi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dari seluruh negara anggota G20, serta perwakilan dari organisasi internasional, sektor swasta, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil serta awak media telah menghadiri MCWE G20, dengan sekitar 150 delegasi dan undangan langsung dan 100-1.000 peserta online.

Delegasi masing-masing negara terdiri dari menteri/kepala delegasi dan pendamping, negara-negara anggota G20 dan enam negara undangan yang diundang sebagai pembicara.

"Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan / MCWE 2022 telah diisi dengan para pembicara selain dari para Menteri terkait/Head of Delegation, organisasi internasional juga beberapa CEO dari private sectors untuk merumuskan dan memperkuat komitmen negara-negara yang tergabung dalam G20 untuk menetapkan langkah ke depan, mengembangkan tindakan nyata bersama dalam menutup kesenjangan gender, dan mewujudkan pemberdayaan perempuan di 20 ekonomi terbesar dunia," kata Lenny.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT