Alasan Aset Kripto Jadi Kado Tahun Baru yang Bermanfaat

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Rabu, 29 Des 2021 17:57 WIB
Ilustrasi Bticoin
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Suasana Natal dan Tahun Baru semakin kental terasa. Ini artinya Anda harus mulai berburu hadiah untuk diberikan ke orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat.

Hadiah Natal dan Tahun Baru biasanya identik dengan pakaian, perhiasan, atau peralatan rumah tangga. Namun, jika Anda tidak ingin hadiah yang biasa-biasa saja, kenapa tidak coba memberikan mata uang kripto?

Apalagi selama pandemi cryptocurrency tengah naik daun. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk belajar investasi aset kripto.

Sebuah survei yang dilakukan di Amerika Serikat pada Desember ini menyebutkan sekitar 65% warga Amerika Serikat lebih menyukai kado dalam bentuk investasi saham atau kripto. Anda tidak perlu memikirkan apakah selera penerima kado cocok dengan barang yang akan Anda berikan.

Di sisi lain, kripto memiliki nilai investasi yang lebih baik dibanding uang tunai atau voucher belanja. Walaupun harganya cukup volatil, tapi secara umum nilai mata uang kripto trennya terus naik. Sehingga bermanfaat untuk jangka panjang.

Sebagai contoh, 1 Bitcoin di bulan Desember 2020 lalu sempat diperdagangkan di kisaran US$ 29.000 (sekitar Rp 406 juta). Sementara itu, pada tanggal 22 Desember 2021 harga Bitcoin sudah menembus lebih dari US$49.000 (sekitar Rp 700 juta).

Tidak perlu memberikan 1 Bitcoin secara langsung. Tapi, Anda bisa membeli pecahan Bitcoin yang sesuai dengan budget. Jika penerima hadiah menyimpan atau menginvestasikan aset kripto dalam jangka panjang, bisa saja angkanya akan naik. Siapa tahu, kado kripto yang Anda berikan hari ini bisa mengubah hidup seseorang di masa depan.

Edukasi bagi Penerima Hadiah

Apabila penerima hadiah sudah cukup familier, atau bahkan telah berinvestasi di aset kripto, tugas Anda akan lebih mudah. Tinggal pilih koin dan nominal yang Anda ingin, lalu kirimkan saja ke penerima kado.

Beda halnya kalau penerima hadiah adalah orang awam yang belum terlalu akrab dengan kripto dan investasi Bitcoin. Anda perlu melakukan usaha ekstra, mulai dari membantu membuat akun di platform exchange kripto, memperkenalkan fungsi koin tersebut, dan sebagainya.