Dapat Restu Uji Klinis, Ivermectin Obat Apa?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 29 Jun 2021 15:18 WIB
Ivermectin is not a brand name: it is the generic term for the drug.
Foto: Getty Images/iStockphoto/RapidEye
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan uji klinis Ivermectin sebagai obat COVID-19 akan segera dilakukan. Sebelumnya Ivermectin mendapatkan izin edar sebagai obat infeksi cacingan. Tentu hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya Ivermectin obat apa?

Sebenarnya hingga saat ini Ivermectin masih memegang izin edar sebagai obat infeksi cacingan, yang artinya Ivermectin merupakan obat infeksi cacingan dan bukan obat COVID-19. Namun berdasarkan sejumlah data pendukung yang ada menunjukkan bahwa selain sebagai obat infeksi cacing, obat Ivermectin juga dapat digunakan sebagai obat penanggulangan COVID-19.

Karena hal ini lah BPOM memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) untuk Ivermectin obat COVID-19. Artinya Ivermectin sendiri belum dapat dikatakan sebagai obat COVID-19, melainkan obat yang menerima izin untuk dilakukan pengujian sebagai 'calon' obat COVID-19.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengungkap berdasarkan data epidemiologi dan publikasi global telah menunjukkan bahwa Ivermectin juga digunakan untuk penanggulangan COVID-19.

"Data-data epidemiologi dan juga publikasi global telah menunjukkan bahwa Ivermectin ini juga digunakan untuk penanggulangan COVID-19," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Senin (28/6/2021).

Selain itu, dalam pedoman World Health Organization (WHO) yang dikaitkan dengan COVID-19 Treatments, merekomendasikan Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinis. Pendapat yang sama juga ada dari Food and Drug Administration Amerika Serikat (AS) dan European Medicines Agency.

"Dan ada guideline WHO dikaitkan dengan COVID-19 Treatment yang merekomendasikan bahwa Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinis, pendapatan yang sama diberikan dari beberapa otoritas obat dari sistem regulator yang baik, seperti FDA US dan EMA dari Eropa," ungkapnya.

Penny lebih lanjut mengatakan uji klinis ini masih harus mengumpulkan data karena saat ini belum cukup untuk menunjang Ivermectin akan digunakan sebagai obat COVID-19.

"Saat ini belum konklusif untuk menunjang bahwa ini (Ivermectin) untuk COVID-19 untuk itulah BPOM sejalan dengan rekomendasi WHO, memfasilitasi untuk segera mendukung pelaksanaan uji klinis," terangnya.

Jadi sudah tahu Ivermectin obat apa? Berlanjut ke halaman berikutnya.