Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Agu 2019 10:36 WIB

Anggaran Infrastruktur 2020 Terbesar Selama Jokowi Presiden

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Anggaran pembangunan infrastruktur dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2020 mencapi Rp 419,2 triliun. Jumlah tersebut tercatat yang paling tinggi selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintah.

Pembangunan infrastruktur diakui masih akan menjadi motor penggerak perekonomian pada tahun depan. Konektivitas kembali menjadi prioritas, yang terbukti dengan meningkatnya signifikan target pembangunan jalan pada 2020.

"Mengenai ekonomi, itu adalah optimalisasi pemanfaatan infrastruktur. Kemudian pengembangan, penyederhanaan atau reformasi birokrasi, investasi dan ekspor," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RAPBN 2020 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (16/8).

Pemerintah juga mendorong pembangunan infrastruktur lewat skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang lebih banyak. Hal ini demi menstimulus percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah sebagai strategi pembiayaan jangka panjang di luar APBN.

Berikut informasi selengkapnya: (eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com