Diresmikan Jokowi, 2 Tol Ini Dibuka Gratis Selama 14 Hari

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 19:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran, di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Selasa (1/4/2021).
Foto: dok. BPMI Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi meresmikan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Kedua tol itu akan beroperasi secara gratis selama 14 hari ke depan.

Jokowi menjelaskan, kedua tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melengkapi struktur jaringan tol di kawasan metropolitan Jabodetabek.

"Dan akan melengkapi ruas tol JORR 2 di sisi barat dan pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat. Terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang selatan," ucapnya yang disiarkan dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/4/2021).

Tol tersebut kata Jokowi akan bisa menjadi alternatif akses khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu dia yakin dengan adanya kedua tol tersebut distribusi barang ke berbagai wilayah di Jabodetabek bisa lebih lancar karena tidak harus melalui tol di dalam kota. Sehingga menghemat waktu tempuh dan bisa menurunkan biaya logistik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, dua tol itu akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Oleh karena itu akan dibuka secara gratis.

"Dioperasikan tanpa tarif dulu sambil sosialisasi," ucapnya kepada detikcom.

Danang mengatakan, pengoperasian dua tol itu tanpa dikenakan tarif akan berlaku selama dua minggu. Tol tersebut kemudian akan dikenakan tarif setelah surat keputusan tarif dari Menteri PUPR turun.

Meskipun kedua jalan tol yang baru diresmikan tersebut dioperasikan tanpa tarif, namun perjalanan menerus dari Pamulang/Serpong menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, tetap akan dikenakan tarif untuk Jalan Tol ruas Kunciran-Serpong yang telah beroperasi lebih dahulu sejak 2019, dengan tarif Rp 20.000.

Data kedua ruas tol tersebut di halaman berikutnya.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km dibagi menjadi dua seksi yaitu:
- Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km
- Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km

Sementara itu, untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki total panjang 14,19 km dibagi menjadi empat seksi yaitu:
- Seksi 1 Kunciran Junction-Tirtayasa sepanjang 2,04 km
- Seksi 2 Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 km
- Seksi 3 Benteng Betawi-Husein Sastranegara sepanjang 6,57 km
- Seksi 4 Husein Sastranegara-Benda Junction sepanjang 2,06 km

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan bahwa dengan diresmikannya kedua jalan tol ini, maka akan semakin mempermudah akses serta mempersingkat waktu tempuh masyarakat, karena kedua jalan tol ini melengkapi jaringan Jalan Tol JORR II yang sebelumnya telah beroperasi sebagian, yaitu Jalan Tol Kunciran-Serpong yang dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga, PT Marga Trans Nusantara.

"Pengurangan waktu tempuh akan sangat terasa, jika sebelumnya Serpong-Pamulang harus ditempuh selama 30 menit, kini hanya menjadi 5 menit saja. Begitu juga dengan perjalanan dari Kunciran menuju Cengkareng dan Bandara, sebelumnya harus ditempuh selama lebih kurang 1 jam, dengan tersambungnya jalan tol baru, hanya menjadi 15 menit saja. Semua perhitungan waktu tempuh dihitung dengan kecepatan berkendara 60-80 Km/jam. Ini sebuah alternatif yang sangat baik bagi masyarakat, terutama untuk mendukung upaya kita kembali bangkit dari sisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19," jelasnya.

(das/ara)