Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Jan 2019 16:46 WIB

BI Optimistis Pertumbuhan Kredit Bank 2019 Bisa Tembus 13%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan nasional tahun ini diprediksi bisa menyentuh 13%. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Perry menyebutkan proyeksi ini karena perbankan akan ditopang dari terjaganya likuiditas untuk menjalankan bisnis.

Pada 2018, Perry menyebut pertumbuhan kredit bank tercatat 12,9%. Untuk menjaga pertumbuhan kredit, BI akan berupaya menjaga kecukupan likuiditas dengan berbagai macam instrumen pendalaman pasar keuangan.

"Kalau dilihat dari rencana bisnis bank (RBB) itu 13%, itu bisa dicapai," kata Perry di Gedung BI, Jakarta (18/1/2019). Dia menyebutkan selain likuiditas yang akan terus dijaga, perekonomian dan investasi akan semakin baik tahun ini.

"Kredit perbankan bisa tumbuh 12-13% tahun ini, karena didukung ekonomi yang membaik dan investasi yang terus tumbuh," katanya.



Pertumbuhan ekonomi di tahun ini juga diproyeksi lebih baik dibandingkan pada 2018. Berkurangnya tekanan ekonomi global diharapkan akan meningkatkan permintaan ekspor dan mendorong ekspansi dunia usaha.

Maka itu permintaan kredit diyakini akan menggeliat.

"Optimisme tumbuh, itu akan naikkan suplai dan permintaan kredit perbankan," jelasnya.

Dia menyebut bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga akan terus memantau industri perbankan untuk mengantisipasi tekanan yang muncul, seperti pengetatan likuiditas.

Perry mengatakan pihaknya dan OJK akan membuat regulasi yang mendukung industri perbankan untuk meningkatkan fungsi.

"BI dan OJK akan koordinatif untuk mencermati suplai dan permintaan kredit, ditambah saat ini optimisme itu sudah tumbuh," ujarnya.

Dalam hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) kemarin, BI masih memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan berkisar di 10-12% (yoy). Sementara OJK menargetkan pertumbuhan kredit perbankan di 12-14% pada 2019.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com