Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mei 2020 18:50 WIB

Aturan Bank Jangkar Mau Rampung, Mulai Digunakan Habis Lebaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Mandiri Private Market Outlook 2020 digelar di Jakarta, Rabu (4/12/2019). Acara ini dihadiri Wamenkeu Suahasil Nazara dan nasabah private dan prioritas Bank Mandiri. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Aturan penempatan dana pemerintah di bank jangkar akan segera dirampungkan. Hal ini karena dana tersebut untuk membantu likuiditas perbankan yang melakukan restrukturisasi kredit usaha mikro kecil dan menengah, ultra mikro yang terdampak COVID-19.

Wakil menteri keuangan Suahasil Nazara menjelaskan aturan bank jangkar ini nantinya dalam bentuk peraturan menteri keuangan (PMK).

"PMK untuk penempatan dana pemerintah itu sudah selesai dan siap diundangkan. Begitu selesai libur lebaran sudah bisa operasional," kata Suahasil dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Dia mengungkapkan dalam hal ini pemerintah tidak melakukan operasi likuiditas. Hanya saja menempatkan dana di bank untuk membantu subsidi bunga dan kredit.

Suahasil menjelaskan pemerintah terus memantau perbankan terkait dukungan untuk restrukturisasi dan subsidi bunga tersebut.

Dia memperkirakan anggaran yang disiapkan mencapai Rp 87 triliun. "Perkiraannya Rp 87 triliun, tapi ini masih perkiraan. Jadi belum pasti karena itu adalah kesiap siagaan dari pemerintah untuk lakukan hal tersebut (penempatan dana) kalau diperlukan," imbuh dia.

Untuk mendapatkan dana tersebut, bank pelaksana harus memenuhi syarat dan mengikuti mekanismenya. Bank pelaksana harus mengajukan proposal ke bank peserta dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika bank telah disetujui oleh OJK dan dinilai berhak mendapatkan oleh bank peserta, maka kebutuhan dananya diajukan ke pemerintah. Setelah seluruhnya terkonfirmasi, bank peserta akan segera menyalurkan dana ke bank pelaksana.



Simak Video "Pemerintah Masih Ada Utang Bagi Hasil 2019 Ke DKI Rp 2,58 T"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com