Mau Beli Asuransi Ini? Jangan Ngamuk Kalau Nanti Rugi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 18:45 WIB
Business woman showing insurance document over white desk at office
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative
Jakarta -

Asuransi produk unit link saat ini masih menemui banyak masalah. Banyak nasabah yang mengeluhkan jika mereka merasa terjebak dengan produk ini. Pasalnya selama proses penawaran, pihak agen asuransi tidak menjelaskan secara detail dan cuma menjelaskan proyeksi keuntungan yang didapatkan.

Padahal dalam produk tersebut ada risiko-risiko yang harus dipahami dan dimengerti oleh calon pemegang polis. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengungkapkan sebelum membeli asuransi seharusnya mencari yang sesuai dengan kebutuhan.

"Pilih asuransi sesuai kebutuhan, secukupnya dan semampunya," kata dia dalam diskusi online, Jumat (15/10/2021).

Dia mengungkapkan, selain itu juga harus diperhatikan jenisnya apakah term life, endowment, whole life, sampai kesehatan. Kemudian juga pola pembayaran premi yang sesuai dengan masa perlindungan.

"Asuransi ini bukan untuk cari cuan, tapi dari cinta. Karena ini konsep gotong-royong untuk risiko finansial," jelasnya.

Financial Educator Money Aliyah Natasya mengungkapkan jika sebelum membeli produk asuransi calon pemegang polis harus mendengarkan dan memahami apa yang dijelaskan oleh agen.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Blak-blakan Wanda Hamidah soal Kekecewaan Terhadap Pihak Asuransi"
[Gambas:Video 20detik]