Perjuangan Mantri Bank Buka Akses Perbankan di Perbatasan RI-Malaysia

ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Perjuangan Mantri Bank Buka Akses Perbankan di Perbatasan RI-Malaysia

Dea Duta Aulia - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 11:35 WIB
Mantri BRI di Jagoi Babang.
Foto: dok. detikcom/Rifkianto Nugroho
Bengkayang -

Pegawai bank identik dengan pekerjaan yang lebih banyak dilakukan di dalam kantor atau ruangan berpendingin. Namun hal itu dirasakan oleh seorang Marketing Analisis dan Mikro atau biasa dikenal mantri bank.

Pasalnya seorang mantri bank lebih banyak bekerja di luar ruangan untuk menjemput nasabah, tak peduli berbagai medan yang harus dilalui bahkan hingga harus ke ujung negeri. Hal itu pula yang dilakoni Awang Irvandi, tenaga pemasar atau Mantri BRI Unit Seluas.

BRI Unit Seluas membawahi tiga kecamatan, yaitu Seluas, Jagoi Babang, dan Siding, yang semuanya merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia, di Pulau Kalimantan, tepatnya Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

"Dulu pernah sampai dekat titik nol, karena rumahnya kan deket disitu. Tapi sekarang udah nggak, udah pindah orangnya karena kena gusuran (kawasan PLBN Jagoi Babang). Dia pinjam KUR buat usaha konter yang ada di Pasar Seluas," ujar Awang kepada detikcom belum lama ini.

Setiap malam, Awang yang sudah menjadi mantri selama 2 tahun itu bercerita biasanya menyiapkan berkas nasabah dan pemetaan lokasi yang akan dituju untuk keesokan harinya. Ia mengatakan lebih sering menemui nasabah usai magrib karena mayoritas merupakan petani yang sulit ditemui saat siang hari di rumah.

Mantri BRI di Jagoi Babang.Mantri BRI di Jagoi Babang. Foto: dok. detikcom/Rifkianto Nugroho

Tak hanya ditugaskan sebagai tenaga pemasar yang mengenalkan produk simpanan dan pinjaman BRI, mantri di BRI juga ditugaskan sebagai penyuluh digital mengenalkan soal penggunaan mobile banking, QRIS, hingga edukasi data pribadi nasabah.

Medan Terjal hingga Terabas Jalan Hutan Kalimantan

Klik Selanjutnya



Simak Video "Ujung Tombak Ekonomi Perbatasan Indonesia-Australia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT