Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 16:23 WIB

Generasi Milenial Belum Bisa Atur Keuangan untuk Cicilan KPR

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Milenial disebut sebagai generasi yang ogah memiliki rumah. Selain harga rumah yang mahal gaya hidup milenial yang lebih mengutamakan kesenangan.

Succes Strategys, Property Developer dan Breakthrough Motivator Ken Handersen menjelaskan selama ini kebanyakan generasi milenial kurang bisa mengatur keuangan.

"Padahal cicilan bulanan itu maksimum 35% dari gaji. Nah kebanyakan milenial tidak bisa mengatur itu. Jadi pas dia ke bank untuk ajukan KPR kaget cicilannya besar," kata dia dalam acara Indonesia Mortgage Forum, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (17/10/2019).
Menurut dia, saat ini milenial bukannya tidak punya uang, tapi cara mengatur yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Seperti menghabiskan uang untuk kongkow atau beli sesuatu yang dilakukan karena keinginan, seperti kopi contohnya. Ken menyebut, jika sehari anak milenial beli kopi seharga Rp50 ribu, dalam 20 hari bisa habis Rp1 juta.

"Milenial itu sebetulnya punya uang, Namun karena sesuatu kebiasaan, mereka nggak bisa berinvestasi," ujar dia.

Karena itu, bank juga harus mengarahkan generasi milenial agar bisa berinvestasi dan mengatur keuangan dengan benar. Salah satunya dengan cara digital.
Karena saat ini generasi milenial mengakses media digital untuk mengetahui berita terkini, kemudahan akses, multitasking, dan kecepatan menjadi alasan utama memilih media digital.

"Ketiga melakukan push and pull marketing, yakni lewat literasi keuangan, memberikan pemahaman untungnya sewa dengan beli properti dan bagaimana cara mengalokasi dana untuk DP," jelas dia.

Sebelumnya berdasarkan survei yang digelar Housing finance center (HFC) terhadap 270 responden berusia 21-35 tahun yang dipilih dari wilayah padat penduduk seperti Jabodetabek, Jawa Timur (Surabaya-Sidoarjo) dan Batam, generasi milenial ingin memiliki rumah tapak dengan harga terjangkau. Selain itu, mereka ingin tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR) selama 10-15 tahun serta cicilan yang sesuai dengan kemampuan.

Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com