Saatnya Jadi Bos

Unik! Ada Jasa Tulis Tugas saat Pandemi, Cuannya Bikin Ngiler

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 10:52 WIB
ilustrasi menulis surat
Ilustrasi/Foto: thinkstock
Jakarta -

Semakin banyak pelajar atau mahasiswa yang malas mengerjakan tugas semakin banyak pesanan yang didapat Mima, owner dari Jasatulisjkt. Wanita ini memang menawarkan jasa untuk tugas menulis tugas.

Kepada detikcom, Mima menegaskan bahwa dirinya tidak menerima orderan untuk mengerjakan tugas. Dia hanya menerima orderan untuk menyalin tugas tulis tangan.

"Tapi bisa bantu merangkum, resume, dan lain-lain tanpa menjawab soal-soal di tugas. Pelayanan ketik di Word, edit file, edit dan design Power Point, design poster juga bisa," ucapnya saat berbincang kepada detikcom ditulis, Selasa (26/1/2021).

Mima menegaskan hampir semua tugas menyalin bisa dia kerjakan. Bahkan dia juga menerima orderan tulis tangan untuk bahasa lain seperti bahasa Arab, Jepang, dan Korea.

Untuk tarif dia menerapkannya berdasarkan halaman atau per lembar kertas folio, HVS, binder, atau buku. Misalnya per halaman folio dan HVS tarifnya Rp 6.000, per lembar buku dan binder harganya Rp 8.000, lalu untuk ketik dalam Word per halaman Rp 4.000, edit file per slide Rp 3.500 dan poster mulai dari Rp 25.000. Dia juga menetapkan harga lebih tinggi jika kliennya ingin dikerjakan tugasnya secara cepat.

Unik! Ada Jasa Tulis Tugas saat Pandemi, Cuannya Bikin NgilerUnik! Ada Jasa Tulis Tugas saat Pandemi, Cuannya Bikin Ngiler Foto: Dok. Istimewa

Mima yang masih kuliah semester 3 itu mengaku memulai usaha Jasatulisjkt sejak Oktober 2017. Saat itu dia menemukan di Instagram adanya akun jasa tulis di Pekanbaru.

"Karena di Jakarta belum ada akhirnya saya mulai usaha ini. Karena kalau dipikir-pikir kayaknya gampang kerja cuma nyalin tulisan orang saja," tuturnya.

Sejak saat itu Mima mulai mempromosikan akun @jasatulisjkt melaui kolom komentar di akun-akun Instagram. Kemudian dia juga mulai menggunakan fitur paid promote di akun yang pengikutnya banyak.

Masa pandemi COVID-19 ternyata memberikan berkah tersendiri buat bisnisnya. Sekolah online membuat tugas para pelajar dan mahasiswa menumpuk. Nah di situlah akun jasa tulis seperti milik Mima ramai dimanfaatkan para pelajar dan mahasiswa.

"Iyaa bertambah soalnya sekarang lebih gampang cuma difoto atau scan aja tugasnya," ucapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.