Saatnya Jadi Bos

Kisah Nadya Raup Omzet Rp 1 M dari Jualan Susu di Usia Muda

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 10:52 WIB
Wanita Ini Jualan Susu Berommzet Rp 1 M di Umur 20-an, Gimana Caranya?
Foto: Dok. Nadya Ursula
Jakarta -

Menjadi pengusaha mungkin bukan hal yang banyak dicita-citakan banyak orang. Namun, bagi Nadya Ursulla pengusaha adalah cita-cita yang selalu ingin digapainya sejak kecil. Dirinya pun berhasil menggapai impian itu, bahkan membuatnya berhasil memiliki omzet hingga miliaran rupiah di usia belia.

Nadya merupakan founder serta pemilik KS Group, sebuah perusahaan yang membawahi penjualan produk susu dan makanan ringan. Usaha itu dibesut Nadya sejak umurnya masih belasan tahun.

Dia mengaku sudah mulai berbisnis sejak masih remaja. Semua berawal saat dirinya iseng berselancar di internet dan menemukan artikel mengenai daftar orang terkaya.

Saat itu menurutnya, dari sederet orang terkaya hampir semuanya merupakan pengusaha. Dari situ lah dia menjadikan pengusaha sebagai cita-citanya.

"Aku dulu kan ke warnet, ada artikel orang terkaya gitu. Dari 1 sampai 100 itu kebanyakan pengusaha. Jadi ya dari situ aku mimpi jadi pengusaha, kalau ditanya cita-cita apa? Anak lain bilang dokter, pilot, segala macam. Kalau aku jawab aku mau jadi pengusaha," tutur Nadya kala berbincang bersama detikcom belum lama ini.

Apalagi dia mengaku kondisi keluarganya sejak kecil memang kurang baik. Nadya bercerita orang tuanya sudah berpisah sejak kecil, ekonomi keluarganya pun tak bagus-bagus amat untuk memenuhi keinginan di masa remajanya.

Namun hal itu tak membuat Nadya patah semangat, cita-citanya menjadi pengusaha tetap ditanamkan dalam hatinya. Sejak SMP dia mengaku mulai banyak berdagang untuk memenuhi hasratnya, misalnya untuk membeli handphone baru.

"Aku dulu ya pakai handphone nih kayak beda-beda aja tiap bulan, aku gonta-ganti aja, semua beneran dari hasil usaha aku. Nggak ada aku minta sama orang tua," kata Nadya.

Wanita Ini Jualan Susu Berommzet Rp 1 M di Umur 20-an, Gimana Caranya?Foto: Dok. Nadya Ursula

Beragam barang dijualnya, bahkan dia bercerita pernah menjual anjing sebagai peliharaan. Semua dilakukannya dengan cara berjualan online.

"Aku sampai pernah jual anjing, anjing hidup. Aku jualin online. Aku beli anjing murah terus aku pelihara baik baik beranak, anak anaknya aku jualin," kisah Nadya.

Dia juga pernah menjual baju anak-anak, dia membeli semua bajunya kodian sehingga murah. Setelah itu dijual ke orang terdekatnya, mulai dari saudara-saudaranya hingga ke tetangganya.

Singkat cerita, perjalanan baru seorang Nadya dimulai saat lulus SMA. Karena kondisi keuangan keluarganya, dirinya tak bisa melanjutkan kuliah. Namun Nadya tak menyerah, dia mulai menyusun rencana untuk memulai bisnis dan benar-benar menjadi pengusaha seperti yang dia cita-citakan.

Namun, sebagai anak berusia 18 tahun, jelas modal belum ada di tangannya untuk membuka usaha. Maka dari itu dia melamar kerja di sebuah organisasi kemanusiaan. Di sana dia melamar sebagai seorang fundraising, tugasnya mencari orang untuk memberikan sumbangan.

Dia bekerja kala itu hanya untuk mengumpulkan modal untuk buka usaha. Pekerjaan ini tekun dilakukannya selama sekitar setahun, dia mengaku bekerja lebih keras agar cepat-cepat bisa menjadi manajer dan gajinya bisa lebih besar.

"Jadi memang aku kerja keras lebih dari orang lain, aku semangat banget kerja buat kejar keinginan mengumpulkan modal. Bahkan, baru 8 bulan aku langsung diangkat manajer. Lumayan gajinya selama kerja sekitar Rp 5-7 juta sebulan tuh aku pegang, aku kumpulin," ungkap Nadya.

Nadya memulai usaha di usia 19 tahun. Cek halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2