Kemilau Emas, Bibit Kerajaan Bisnis Sinar Mas Grup

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 09 Agu 2020 20:07 WIB
Sinar Mas menyerahkan bantuan kepada unit Resimen Mahasiswa (Menwa) UGM, Yogyakarta. Bantuan yang diberikan berupa 1 unit kendaraan operasional.
Foto: Dok. Sinar Mas
Jakarta -

Sinar Mas Group adalah kerajaan bisnis yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja. Kerajaan bisnis ini juga yang memberikan predikat kepada Eka sebagai konglomerat Indonesia.

Ibarat sebuah bangunan, Eka membangun kerajaan bisnisnya dengan fondasi yang sangat kuat. Bahannya terdiri dari sederet pengalaman dan kegagalan.

Melansir Historia, Sinar Mas sendiri lahir di Surabaya pada 1962. Saat itu Eka mendirikan perusahaan pertamanya dengan nama CV Sinar Mas.

CV Sinar Mas lahir di masa yang sulit. Pada tahun 1960-an merupakan masa krisis ekonomi. Hiperinflasi terus terjadi. Pada 1961 saja inflasi terjadi hingga 156%.

Laju inflasi juga membuat nilai uang saat itu naik turun tak karuan. Eka pun berpikir bagaimana menyelamatkan modal perusahaannya dari gerusan inflasi.

Akhirnya dia memilih untuk menyimpannya dalam bentuk emas batangan. Keuntungan dari perusahaannya selalu dia belikan emas batangan.

"Karena emas selalu bertahan nilainya dan selalu bersinar," kata Eka. Ternyata asal-usul nama Sinar Mas berasal dari itu.

Tapi sebelum bibit Sinar Mas ia tanamkan di Surabaya, Eka lama sudah jatuh bangun berjuang menjadi usahawan di Makassar. Dia sudah menjalankan usaha sejak masih duduk di bangku SD.

Bagaimana cerita selanjutnya? Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jatuh Bangun Bisnis Eka Tjipta"
[Gambas:Video 20detik]