Lewat Inovasi Fesyen Eco Friendly, UMKM Ini Ekspor 1.000 Kain ke India

Inkana Putri - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 10:05 WIB
Instagram/arane_id
Foto: Instagram/arane_id
Jakarta -

Fesyen menjadi salah satu kebutuhan primer yang tak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Seiring berkembangnya zaman, fesyen pun terus mengalami perubahan dan melahirkan berbagai inovasi. Salah satu Entrepreneur Heroes BNI, Elsana Bekti Nugroho mencoba melahirkan sebuah inovasi fesyen yang ramah lingkungan. Inovasi ini dituangkan melalui ragam produk Arane Indonesia.

Berawal dari kegemarannya dengan batik klasik Jawa, Elsana mulai menawarkan jasa pembuatan fesyen batik klasik untuk busana pernikahan. Namun, lambat laun dirinya resah akan dampak dari pewarna sintetis yang mencemari lingkungan. Sejak saat itu, Elsana akhirnya memutuskan memproduksi fesyen ramah lingkungan menggunakan teknik ecoprint dengan memanfaatkan daun, batang, bunga dan akar untuk dijadikan hiasan.

"Produk fesyen ramah lingkungan ini merupakan bentuk sumbangsih untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan keragaman flora yang tumbuh di Indonesia," ujar Elsana dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Menonjolkan desain unik dalam setiap produknya, produk fesyen asal Yogyakarta ini pun kian digemari masyarakat. Pasalnya, selain memanfaatkan pewarna alami, Elsana juga memanfaatkan daun-daun di sekitar untuk diubah menjadi serat alami non polyester.

Tak hanya digemari masyarakat Indonesia, produk Arane juga telah mendunia. Bahkan, Arane berkesEmpatan untuk melakukan kerja sama ekspor 1.000 kain ke India. Meski demikian, perjalanan bisnis ini tidak selalu mulus, beberapa ekspor kain sempat ditunda. Namun, Elsana dan terus berinovasi dengan menghadirkan inovasi produk lainnya.

Cerita menarik di balik bisnis Arane akan diceritakan Elsana dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

[Gambas:Instagram]

Dengan tema 'Idea Innovation: When Business Can Impacting Our Earth', Rengkuh akan mengisi webinar di hari kedua Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan 31 Juli 2021 pukul 13.00 di secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.

(akn/ega)