Daftar Bendungan Garapan Hutama Karya yang Ditarget Rampung hingga 2025

ADVERTISEMENT

Daftar Bendungan Garapan Hutama Karya yang Ditarget Rampung hingga 2025

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2022 16:40 WIB
Bendungan Garapan Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Hutama Karya melakukan percepatan penyelesaian pembangunan bendung dan bendungan yang sedang digarap. BUMN Karya ini menargetkan pembangunan beberapa bendung dan bendungan tersebut rampung 2023-2035.

Direktur Operasi I Hutama Karya Gunadi menyampaikan Hutama Karya berupaya untuk menyelesaikan pembangunan bendung dan bendungan yang ditargetkan rampung di tahun 2023-2025.

"Akhir tahun ini Bendung Batang Toru akan kami rampungkan, di mana saat ini progres konstruksi telah mencapai 98,66%. Kami juga memantau progres pembangunan bendungan lainnya yang sedang digarap serta menyiapkan sejumlah strategi percepatan, salah satunya dengan menambah jumlah alat pekerjaan timbunan, double shift untuk pekerjaan pengecoran spillway dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat untuk mempercepat pembebasan lahan agar rampung sesuai target dengan kualitas konstruksi yang baik" ujar Gunadi dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut ia menyatakan pekerjaan konstruksi bendungan harus memiliki kualitas konstruksi yang baik karena kondisi geologi masing-masing pembangunan bendungan cukup berbeda. Diperlukan inventarisasi, pemantauan dan evaluasi serta kajian terhadap permasalahan yang terjadi dilapangan dan juga pendekatan secara sosial.

Lalu diperlukan penerapan metode kerja dan teknologi Building Information Modelling (BIM), Bekisting spillway menggunakan Steel Formwork khusus dan penggunaan Hydroseeding (sebagai penahan tanah) yang digunakan untuk turut mempercepat proses pembangunan sehingga hasil pembangunan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Dengan banyaknya pengalaman pembangunan bendungan yang dimiliki oleh perusahaan serta penerapan digitalisasi konstruksi, kami optimis dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu," tutur Gunadi.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama komisi V DPR pada Kamis (1/9) lalu mengatakan Kementerian PUPR telah mengalokasikan dana sekitar 14,20 triliun di tahun 2023 untuk pembangunan bendungan dan danau.

"Target utama dengan adanya alokasi dana sebesar 14,20 triliun akan dipergunakan untuk lanjutan pembangunan 23 bendungan, 13 diantaranya telah selesai, sedangkan 10 bendungan lainnya masih akan lanjut ke tahun anggaran 2023," ujar Jarot.

Melalui alokasi dana tersebut, Hutama Karya turut menjadi salah satu BUMN Karya yang membangun beberapa bendungan dengan target penyelesaian pada tahun 2023-2025.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT