Pantang Menyerah, Ismi 'Mbak Tul' Kini Sukses Berkat Roti Bekatul

Dea Duta Aulia - detikFinance
Kamis, 31 Mar 2022 14:34 WIB
Mbak Tul
Foto: Pribadi
Jakarta -

Siapa yang tak bingung ketika tiba-tiba suami mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK)? Hal ini dialami Ismi. Namun, ia memilih tak ingin terpuruk. Pada 2011, ia pun memilih memulai usaha roti bekatul Super Roti di Semarang, Jawa Tengah.

Roti bekatul? Ya, mungkin tak banyak yang memiliki ide mengolah bekatul menjadi roti seperti yang dilakukan Ismi. Roti bekatul Super Roti menjadi penopang perekonomian keluarganya hingga kini. Bagaimana perjalanan Ismi membangun Super Roti?

Ismi, yang biasa disapa Mbak Tul, mengungkapkan memiliki hobi memasak. Hobi inilah yang menjadi modal awalnya mendirikan UMKM Super Roti. Segala sesuatu ia pelajari secara otodidak.

"Berbekal ilmu yang dipelajari secara mandiri akhirnya terciptalah brand Super Roti," kata Ismi.

Pantang Menyerah

Perjalanan Mbak Tul dan roti bekatulnya bukan tanpa hambatan. Ada tantangan yang dihadapi. Namun, ia memilih untuk menghadapi tantangan-tantangan itu dan mencari solusi. Tantangan yang dihadapi Ismi adalah memastikan konsistensi produk, dan memikirkan strategi pemasaran karena banyak yang belum mengenal roti berbahan dasar bekatul.

Apa itu bekatul? Bekatul adalah lapisan pelindung padi yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Bekatul diketahui bisa mencegah risiko batu ginjal, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Berbagai cara dilakukan Ismi untuk mempopulerkan roti bekatul olahannya.

"Selama 5 tahun mencoba menawarkan sesuatu yang baru dan menjadi pelopor roti bekatul di Indonesia," kata Ismi.

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Bisnisnya semakin berkembang dengan omzet yang terus meningkat. Ismi bahkan berhasil melebarkan sayap pemasaran Super Roti hingga 50 jaringan di berbagai daerah di Indonesia.

"Super Roti hingga saat ini memiliki lebih dari 50 jaringan pemasaran, di antaranya swalayan dan toko yang tersebar di Kota Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya hingga Makassar," ujar dia.

Klik halaman selanjutnya >>>