Saatnya Jadi Bos

Kisah Komang Sukarsana, Bercita-cita Jadi PNS Kini Jadi Pengusaha Kopi Bali

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 21 Jun 2022 16:41 WIB
Kisah Komang Sukarsana, Cita-cita PNS Eh Kini Jadi Pengusaha Kopi
Kisah Komang Sukarsana, Cita-cita PNS Hingga Kini Jadi Pengusaha Kopi Bali/Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Komang Sukarsana kini sukses membuat kopi Bali menjadi terkenal di Indonesia dan dunia. Setelah lebih dari 10 tahun, dia berhasil membuat kopi Bali Kintamani menjadi usaha yang bisa memberdayakan orang-orang di sekitarnya.

Dia menyebut dengan konsisten menjalankan hobi maka bisnis bisa lebih fokus dan terus bertumbuh. Kejujuran juga selalu dijunjung tinggi oleh Komang.

"Untuk bisnis semuanya paling penting adalah kejujuran. Apalagi sekarang untuk kopi ini harus jelas kapan panen dan bagaimana pemberdayaannya, jadi kopi tidak hanya tentang rasa," kata dia kepada detikcom, Selasa (21/6/2022).

Dulunya Komang tidak sama sekali bercita-cita punya usaha kopi, ia sempat ingin menjadi abdi negara. Beberapa pekerjaan sudah dia tekuni seperti menjadi tenaga honorer di sebuah sekolah.

Kemudian dia juga pernah berbisnis sayuran sampai membuka sebuah warung yang menyediakan makanan. Nah dari sinilah dia mulai menemukan peluang besar di bidang kopi.

Saat itu ada seorang wisatawan asing yang ingin mencari kopi Kintamani. Komang langsung menanyakan kepada wisatawan itu. Setelah pembicaraan panjang lebar, dia diajak untuk menjadi orang yang menyeleksi kopi berkualitas tinggi dan bisa dijual ke Australia.

Kisah Komang Sukarsana, Cita-cita PNS Eh Kini Jadi Pengusaha KopiKisah Komang Sukarsana, Cita-cita PNS Eh Kini Jadi Pengusaha Kopi Foto: Dok. Pribadi

Komang diajarkan bagaimana menyemai bibit, budi daya, mengolah untuk standar ekspor sampai mendampingi petani. Dalam menjalankan bisnis ini, Komang menyebut tak mengeluarkan modal berupa uang karena saat 2013 hanya memiliki ide. Kemudian dia mengikuti lomba wirausaha pemula di kabupaten dan menjadi pemenang hingga mengantongi hadiah Rp 10 juta.

Nah dari situlah dia gunakan untuk merintis bisnis. Lalu banyak lomba-lomba yang diikuti. Hingga akhirnya dia menjadi mitra binaan Bank Indonesia (BI) pada 2014 dan mendapat banyak pelatihan menjadi wirausaha yang tahan banting, dibimbing, dan didampingi akses permodalan sampai promosi.

Beragam produk Bali Arabica di halaman berikutnya.