ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Apr 2018 10:07 WIB

Beli Rumah Hasil Lelang Bank, Aman Nggak Sih?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Ilustrasi Foto: Dok. Citra Indah City Ilustrasi Foto: Dok. Citra Indah City
Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) memiliki portal atau website yang berisi rumah-rumah untuk dilelang dengan harga yang lebih murah. Mulai dari rumah sitaan karena debitur tidak membayar, hingga rumah bekas yang dilelang secara sukarela.

Rumah yang ada di dalam laman ini dijual mulai dari harga di bawah Rp 100 juta hingga di atas Rp 1 miliar. Memang harga ditentukan dari kondisi bangunan dan lokasi.


Direktur BTN Nixon Napitupulu menjelaskan, banyak dari rumah murah yang memiliki kondisi apa adanya, seperti jendela dan pintu yang sudah rusak, namun harganya murah.

Kira-kira apakah aman membeli rumah sitaan bank?

Nixon memastikan rumah-rumah tersebut aman. Karena pada dasarnya BTN menjual rumah-rumah tersebut untuk mengurangi rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Kondisinya juga bebas dari masalah hukum.

"Dalam menjual rumah, kami pastikan surat-surat sudah clear dan semuanya aman. Baru kami jual, kami tidak mau jual masalah, risikonya harus minim," kata Nixon saat dihubungi detikFinance, seperti ditulis Kamis (19/4/2018).


Dia menjelaskan, memang biasanya ada rumah sitaan yang kelihatannya masih berpenghuni. Seperti masih ada jemuran dan kendaraan.

"Memang biasanya masih ada jemurannya, tapi itu hanya tetangganya saja numpang jemur. Kami pastikan rumah-rumah ini kosong," ujarnya.

Nixon mengungkapkan, dulunya BTN memiliki katalog rumah-rumah NPL atau kredit macet secara manual. Namun kini, untuk meningkatkan transparansi BTN memiliki portal web atau aplikasi online bernama rumahmurahbtn.com yang sudah diluncurkan pada 9 Januari 2018 lalu. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com