Wawancara Khusus

Tantangan Ekspor-Impor hingga Jaga Harga Pangan di Tengah Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 20 Apr 2020 16:27 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Pemerintah telah menerbitkan relaksasi persyaratan impor terutama untuk alat kesehatan yang digunakan dalam penanganan virus Corona (COVID-19), serta komoditas pangan yang mengalami kelangkaan.

Namun, dalam pelaksanaannya, impor ini tak semulus yang diharapkan. Para importir masih harus menemui hambatan terkait perebutan stok yang diimpor dari suatu negara, kebijakan lockdown, dan sebagainya.

Khususnya untuk komoditas pangan, Indonesia juga akan segera memasuki bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Pada masa-masa itu, permintaan diproyeksi melonjak yang dapat mengakibatkan kenaikan harga. Padahal, sejak awal Maret lalu saja kenaikan harga pangan sudah terasa mulai dari beras, gula, bawang bombai, dan sebagainya.

Tak hanya pangan, ketersediaan stok alat kesehatan (alkes) seperti masker dan Alat Pelindung Diri (APD) pun masih dipertanyakan. Pasalnya, kedua produk tersebut masih sulit ditemukan apalagi jika mengharapkan harga yang terjangkau.

Dalam wawancara khusus ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menjawab sederet tantangan sektor perdagangan di tersebut. Simak wawancara selengkapnya di halaman berikut>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4